Pengertian Sekretaris yang Bijaksana


Pengertian sekretaris yang bijaksana adalah sekretaris dengan citra pribadi yang bijak. Perkembangan zaman menuntut sekretaris yang profesional yang menguasai dan dapat diajak berdiskusi mengenai masalah pekerjaan. Sekretaris masa kini adalah sekretaris dengan intelektualitas tinggi yang cepat tanggap terhadap permasalahan di dalam pekerjaan.

Sekretaris

Menjadi sekretaris yang bijak adalah sekretaris yang mampu memberikan pertimbangan yang objektif dan saran yang positif. Selain itu, juga penuh inisiatif dan banyak akal, mampu menahan amarah, sabar dalam menghadapi segala persoalan, bersikap bijaksana dan mampu mengatasi persoalan tanpa merugikan orang lain, serta dapat menyesuaikan dan menempatkan diri dengan segala situasi.

Menjadi sekretaris bijak dilakukan dengan menerapkan ilmu manajemen perkantoran juga diperkaya dengan jam terbang. Juga harus memiliki pengalaman bekerja sebagai sekretaris.

Kepribadian sekretaris sangat berpengaruh dalam performa kerjanya yang terlihat melalui kebersihan diri, pilihan pakaian dan cara berpakaian, kesehatan, kerapian, keterampilan, dan sikap mematuhi peraturan serta menjaga untuk tidak terlibat affair dengan atasan.

Faktor keberhasilan sekretaris yang utama adalah kemampuan berkomunikasi secara lisan, kemampuan bekerja sama dan berkoordinasi, serta kemampuan teknis untuk menyelesaikan tugas. Menjadi sekretaris pribadi, sekretaris organisasi, atau sekretaris perusahaan, semuanya menuntut profesionalitas.

Sikap bijaksana seorang sekretaris di antaranya tidak membicarakan kekurangan atau kelemahan atasan kepada sesama rekan kerja atau pihak eskternal kantor, mengusahakan agar atasan selalu memperoleh informasi yang benar, tidak melampaui atasan dalam mengambil keputusan atau kebijakan, menerima dengan bijaksana saran dan kritik yang membangun, serta tidak mengkhianati kepercayaan yang diberikan atasan.

Kode etik sekretaris ditetapkan oleh Ikatan Sekretaris Indonesia yang mengatur tugas dan kewajiban sekretaris, yaitu sebagai berikut.

1) Menghargai dan menjaga kehormatan, imej, dan nama baik profesi sekretaris.

2) Selalu jujur dan menerapkan tata krama dalam setiap tindakan, baik ketika bertugas ataupun melayani lingkungannya dan masyarakat.

3) Berhati-hati dalam ucapan dan perbuatan demi menjaga rahasia dalam perusahaan dan tidak menggunakan informasi rahasia yang berkenaan dengan perusahaan untuk keperluan pribadi.

4) Berusaha meningkatkan kualitas profesi melalui pendidikan sekretaris atau kerja sama dengan rekan-rekan seprofesi, baik nasional maupun internasional.

5) Menghormati reputasi teman seprofesi.

Bagi Anda yang berminat memilih profesi sekretaris atau sedang menjalani pendidikan di akademi sekretaris atau sedang meniti karier sebagai sekretaris profesional, semoga artikel mengenai pengertian sekretaris yang bijaksana ini dapat membantu menyukseskan pekerjaan Anda.

Selanjutnya : Profil Singkat Gun n Roses
Sebelumnya: Pengertian Ilmu Kultural dan Peranannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar