Pengertian Sinestesia dalam Bahasa Indonesia


Apakah Anda sering memuji seorang gadis karena melihat wajarhnya yang cantik dan rupawan? “Aduh, manis sekali gadis itu,” kata Anda. Nah, kata-kata yang Anda ucapkan itu bisa dimasukkan dalam jenis sinestesia. Pengertian sinestesia dalam Bahasa Indonesia merupakan sebuah metafora atau ungkapan yang berhubungan dengan anggota indra yang terdapat di tubuh manusia, tetapi disandangkan pada indra yang lain.

Jika dilihat dalam kalimat di atas, “Aduh, manis sekali gadis itu,” maka yang menjadi sinestesianya adalah kata manis. Seperti kita tahu, manis adalah sebuah rasa yang biasanya dikecap oleh indra pengecap atau lidah. Biasanya rasa manis diperoleh lidah setelah memakan gula atau madu.

Namun, dalam hal kalimat di atas, mata yang melihat seorang gadis yang cantik mengalami sinestesia. Ini adalah ungkapan yang menggambarkan tentang hal yang biasanya berhubungan pada indra lidah, tetapi dikenakan pada indra mata. Mata tak mungkin mengecap rasa manis, bukan? Namun kata manis tersebut digunakan untuk mengungkapkan wajah seorang gadis yang cantik. Jadi, kata manis di atas adalah ungkapan, bukan berarti bahwa wajah gadis itu benar-benar memiliki rasa manis.

Contoh lainnya adalah pada kalimat: “Pahlawan itu namanya harum hingga kini.” Kata sinestesianya adalah harum. Harum merupakan bau yang wangi. Biasanya wangi ini dirasakan oleh indra hidung manusia. Namun karena itu adalah ungkapan, harum bisa digunakan untuk melambangkan nama yang sering disebut-sebut karena jasa-jasa dan kebaikannya.

Misalnya lagi ada dalam kata, ‘Kata-kata yang diucapkannya pahit sekali’. Atau ‘Pedas kata-kata yang dilontarkannya’. Itu juga merupakan pertukaran tanggapan dua indra yaitu indra pendengaran dan indra perasa.

Dalam Bahasa Indonesia, ada beberapa jenis pergeseran makna yang kerap digunakan. Ada yang meluas, menyempit, serta sinestesia. Ada juga ameliorasi, peyorasi, dan terakhir adalah asosiasi. Sinestesia hanyalah satu dari pergeseran makna yang kerap kita jumpai dalam penggunaan kalimat ungkapan Bahasa Indonesia.

Nah, bagaimana? Apakah kini Anda sudah lebih paham dengan pengertian sinestesia dalam Bahasa Indonesia? Sebenarnya sangat mudah menerapkannya. Kadang kala kita justru tak sengaja menggunakannya dalam bahasa sehari-hari.

Selanjutnya : Tuliskan Organ-Organ Dalam Sistem Pengangkutan Tumbuhan
Sebelumnya: Pengertian Ship Dokumen
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar