Pengertian Sistem Demokrasi Pancasila dan Lambang Negara


Pengertian sistem demokrasi pancasila ialah demokrasi yang memprioritaskan musyawarah untuk mufakat. Demokrasi Pancasila adalah demokrasi tanpa oposisi atau yang disebut juga dengan demokrasi terpimpin. Demokrasi Pancasila merupakan demokrasi yang berada dibawah komando Pemimpin Besar Revolusi.

Demokrasi Pancasila kemudian ada di dalam doktrin repelita yang berada di bawah komando Bapak Pembangunan. Di mana arah rencana pembangunan akan ditetapkan dari suara terbanyak dalam lembaga-lembaga negara pada setiap usaha pemecahan masalah atau pengambilan keputusan.

Prinsip Dasar Demokrasi Pancasila

Prinsip dalam demokrasi Pancasila agak beda dengan prinsip demokrasi universal dengan ciri-ciri demokrasi Pancasila adalah pemerintahan dijalankan dengan berdasarkan pada konstitusi, kemudian adanya pemilu yang diadakan secara berkesinambungan, serta adanya peran-peran kelompok kepentingan dan adanya penghargaan untuk HAM dan perlindungan hak-hak minoritas.

Demokrasi Pancasila ialah demokrasi konstitusional melalui mekanisme kedaulatan rakyat di dalam penyelenggaraan negara serta penyelenggaraan pemerintahan, yang keseluruhannya berdasarkan pada konstitusi Undang-Undang Dasar 1945.

Demokrasi Pancasila terkait dengan UUD 1945, maka pelaksanaannya harus sejalan dengan UUD 1945. Pancasila merupakan ideologi dasar negara Indonesia. Nama Pancasila berasal dari kata berikut ini.

  • paƱca =lima
  • sila = prinsip

Pancasila adalah rumusan serta pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara untuk keseluruhan rakyat Indonesia, dan setiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila. Pancasila terdiri dari lima sila, yaitu sebagai berikut.

1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
3. Persatuan Indonesia.
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan.
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kelima sila Pancasila ini tercantum di dalam paragraf keempat di dalam Preambule atau Pembukaan Undang-undang Dasar 1945. Sedangkan burung Garuda menjadi simbolnya dan juga menjadi lambang negara Republik Indonesia.

Burung Garuda emas ini dipilih menjadi lambang negara karena berdasarkan kepada filosofinya dan ternyata bukan hanya Indonesia saja negara yang menggunakan burung Garuda sebagai lambang negara mereka, Bahkan Thailand, Mongolia, dan sejumlah negara lain di dunia juga menggunakan burung garuda sebagai lambang negara mereka.

Demikian pengertian sistem demokrasi Pancasila yang berlaku di Indonesia. Semoga sedikit uraian tersebut bermanfaat dan menambah wawasan mengenai sistem demokrasi yang dianut oleh negara kita ini.

Selanjutnya : Apa Saja Hama Dan Penyakit Yang Meyerang Tanaman Padi
Sebelumnya: Cara Membuat Kebun Sayur di Pekarangan Rumah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar