Pengertian Sistem Kelistrikan Sepeda Motor


Pengertian arus listrik yaitu menunjukkan adanya aliran elektron pada suatu penghantar setiap satuan waktu (detik) yang ditentukan oleh dorongan terhadap elektron serta dipengaruhi kondisi medan yang akan dilaluinya.

Dorongan terhadap electron tersebut disebut tegangan listrik yang dibedakan menjadi tegangan listrik searah (DC) dan tegangan bolak-balik (AC). Pada sepeda motor, kedua jenis tegangan listrik ini bisa terjadi.

Fungsi Listrik

Fungsi kelistrikan sepeda motor adalah untuk kelistrikan itu sendiri (menyalakan lampu) dan untuk pengapian (menyalakan busi sehingga menyebabkan gerak mekanis). Komponen sistem kelistrikan sepeda motor terdiri dari: sistem starter, sistem pengapian, sistem pengisian dan sistem penerangan.

Prinsip Kerja Kelistrikan

Prinsip kerja sistem kelistrikan motor secara sebagai berikut: ketika starter dinyalakan, akan menyebabkan perubahan medan magnet pada kumparan. Input dari proses ini adalah arus listrik yang dihasilkan oleh alternator, yang sebagai generator bagi arus AC.

Arus ini akan diteruskan ke Rectifier (bahasa bengkel disebut kiprok) untuk diubah menjadi arus DC dan digunakan dalam fungsi kelistrikan (mengalir ke aki-saklar-lampu) serta pengapian sepeda motor (aki-CDI-Coil-Busi).

Kerja busi akan menghasilkan percikan api dan menyebabkan piston bekerja dengan cara bergerak mundur sehingga menghasilkan pembakaran bensin dan oksigen di dalam ruang bakar.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam prinsip kerja sistem kelistrikan motor, tiga komponen ini yang bisa disebut sebagai komponen utama: Alternator yang menghasilkan arus AC sebagai proses kerja berdasarkan magnet dan gaya gerak listrik, Rectifier sebagai pengubah arus AC menjadi DC dan Aki sebagai sumber arus utama ketika proses starter awal.

Perawatan ketiga komponen utama ini perlu dilakukan secara berkala dengan bantuan multitester/ AVO meter untuk menjaga ketahanan mesin dan menghindari gagal starter atau motor mati tiba-tiba.

Motor mogok atau mati tiba-tiba disebabkan oleh kerusakan alternator sedangkan lampu yang cepat mati atau starter elektrik yang gagal berfungsi diakibatkan kerusakan aki. Mempelajari pengertian sistem kelistrikan sepeda motor menambah wawasan kita untuk merawat motor itu sendiri.

Selanjutnya : Pelopor Sepeda Serat Karbon dan Harga Pollygon Colossus
Sebelumnya: Model Rambut Artis Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar