Berbagai Pengertian Tanah yang Dapat Diberikan

Tanah adalah satu bagian dari alam yang dapat dipisahkan keberadaannya dari kehidupan manusia. Tanah memiliki fungsi yang nyata dalam kehidupan manusia. Dari hal ini dapat diambil berbagai pengertian tanah yang berkaitan dengan kehidupan manusia.

Definisi atau pengertian adalah sebuah makna yang diambil dari satu hal. Definisi ini membatasi makna suatu hal tersebut untuk memiliki makna tertentu. Sementara itu, definisi tanah adalah makna yang diberikan kepada tanah akan hubungannya dengan kehidupan manusia. Hal ini dilatarbelakangi karena memang tanah menjadi salah satu unsur alam yang begitu dekat dengan kehidupan manusia.

Loading...

Pemberian definisi ini bisa jadi sangatlah beragam. Hal ini disesuaikan dengan keberadaan dari tanah tersebut dilihat dari fungsinya dalam kehidupan manusia. Semakin banyak fungsi yang ditemukan dari tanah dalam kehidupan manusia maka akan semakin banyak pula definisi tanah yang dapat diberikan. Berikut ini adalah beberapa definisi tanah yang ada.

Lapisan Terluar Bumi

Bumi sebagai tempat tinggal manusia memiliki bentuk bulat yang padat. Susunan bumi amatlah beragam dimulai dari inti bumi yang berupa cairan yang sangat panas. Bagian inti terbagi menjadi bagian inti dalam dan inti luar. Di atas bagian inti terdapat bagian mantel bumi. Di atasnya mantel inilah sampai pada susunan bumi yang paling luar.

Di susunan paling luar bumi inilah ditemukan lapisan yang dinamakan dengan kerak bumi. Kerak bumi ini yang merupakan lapisan dari tanah itu sendiri. Inilah definisi dari tanah yang pertama.

Tempat Tinggal Makhluk Hidup

Hal ini berkaitan dengan keberadaan dari definisi yang telah diberikan. Sebagai lapisan paling luar dari bumi maka tanah menjadi tempat tinggal dari makhluk hidup. Di atas tanah inilah makhluk hidup akan tinggal dengan melakukan dan menjalankan segala aktivitas kehidupannya.

Sebagai lapisan terluar bumi ini, tanah memiliki struktur yang beragam. Hal ini disesuaikan dengan keadaan alam masing-masing daerah. Inilah yang dinamakan dengan relief permukaan bumi. Contohnya adalah dataran tinggi, daratan rendah, bukit, dan yang lain. Di sinilah menjadi tempat tinggal makhluk hidup.

Pelapukan Batuan

Tanah terbentuk melalui pelapukan yang terjadi dari batuan. Dengan inilah maka susunan tanah menjadi lebih lembut dan lebih mampu untuk dijadikan sebagai tempat tinggal makhluk hidup. Dengan keberadaan ini maka kemudian tanah dapat digunakan sebagai alat untuk kehidupan manusia, misalnya adalah sebagai sumber tanam.

Inilah beberapa pengertian tanah yang dapat diberikan. Semuanya didasarkan pada keberadaan alami dari tanah itu sendiri.

Loading...
Selanjutnya : Mengenal Jenis Alat Musik Jawa Timur
Sebelumnya: Nilai-nilai yang Terkandung dalam Cerita Danau Toba
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar