Pengertian Teknik Renang Gaya Punggung


Pengertian teknik renang gaya punggung adalah olahraga renang dengan cara menghadapkan punggung ke permukaan air. Sedangkan wajah ada diatas permukaan air yang memungkinkannya bisa mengambil nafas dengan mudah.

Teknik berenang dengan gaya punggung ini sudah ada sejak jaman kuno. Dilombakan secara resmi di ajang perlombaan olahraga dunia ketika dimasukkan dalam daftar lomba di Olimpiade Paris pada awal abad ke-19. Bisa dibilang bahwa teknik gaya punggung adalah teknik berenang yang paling tua setelah teknik berenang gaya bebas.

Kelemahan dari teknik renang gaya punggung adalah terbatasnya pandangan untuk melihat kedepan. Bukan hanya terbatas, bahkan bisa dikatakan tidak bisa melihat sama sekali kedepan. Yang bisa dilakukan hanya melihat ke atas saja. Agar bisa sampai ke tepi kolam renang yang dituju, perenang harus bermain strategi. Salah satunya dnegan memperhitungkan jumlah gerakan yang dilakukan.

Dalam hal gerakan, renang gaya punggung gerakannya mirip dengan gaya bebas. Hanya saja posisi tubuh telentang di atas permukaan air. Sedangkan kedua tangan digerakkan disamping tubuh seperti layaknya orang yang sedang mengayuh.

Tips Berenang Gaya Punggung dengan Sukses

Agar bisa berenang dengan sukses menggunakan gaya punggung, ada beberapa tips yang patut disimak berikut ini:

  • Pertama, atur kaki selama berenang agar tidak terlalu ada di permukaan air. Buat agar kaki sedikit masuk ke air. Tujuannya agar bisa membantu kecepatan berenang serta membuat posisi kepala stabil di atas air. 
  • Kedua, karena pandangan mata tidak bisa menatap kedepan, hanya bisa keatas, maka kaki harus diatur agar arah yang dituju tidak melenceng. 
  • Ketiga, ketika gerakan mendayung, sewaktu akan menyentuh air, miringkan tangannya sehingga sisi telapak tangan yang lebih dulu masuk ke air. Tujuannya agar tekanan yang berasal dari dalam kolam mengecil. 
  • Keempat, untuk mempercepat gerakan berenang, dekatkan dagu dengan dada. Posisi ini sangat membantu dalam gerakan. 
  • Kelima, posisikan kedua kaki secara berdekatan dengan telapak kaki yang diluruskan dengan tulang kaki. 

Demikian sekilas tentang pengertian teknik renang gaya punggung beserta tips-tips untuk mempercepat dan mengendalikan gerakan berenang. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Tips Perawatan Mesin Agar Awet
Sebelumnya: Mengolah Buah Pare Agar Tidak Pahit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar