Pengertian Teknologi Informasi dan Perkembangannya

Pengertian teknologi informasi adalah cara atau sistem yang dipakai oleh manusia untuk menyampaikan suatu pesan maupun informasi. Seperti yang kita tahu bahwa teknologi selalu berkembang. Teknologi dikembangkan dan dibuat oleh manusia. Artinya, semua teknologi yang hadir atas pikiran manusia untuk mencari kemudahan dalam sesuatu hal.

Kaitannya dengan penyampaian informasi atau pesan sangat erat. Informasi artinya berita yang mengandung tujuan dan maksud tertentu. Manusia mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang pastinya ingin selalu dibagikan kepada orang lain. Istilah teknologi informasi memiliki masing-masing pengertian, tetapi tidak bisa dipisahkan. Dua kata tersebut akhirnya membentuk pengertian baru seperti yang telah dijelaskan di awal.

Peralatan Teknologi

Sesuai dengan pengertian teknologi informasi yang berarti sebuah teknologi yang berguna dalam penyampaian pesan atau maksud tertentu, dalam keseharian banyak peralatan teknologi yang mungkin pernah kita gunakan. Misalnya televisi, komputer, pesawat telepon, telepon seluler, radio, mesin faksimile, teleks, e-mail, voicemail dan lainnya.

Anda tentu terbiasa menonton televisi dan mendapatkan berbagai informasi yang disajikan oleh masing-masing stasiun televisi. Saat ini pun, sejalan dengan perkembangan, jenis televisi tak lagi analog melainkan digital. Bentuknya pun tak seperti dulu dengan ukuran yang besar dan bobot yang berat. Semakin berkembangnya teknologi, pembuatan televisi pun semakin pesat. Kini, banyak televisi yang berlayar LED dan berbobot ringan.

Fungsi Teknologi Informasi

Identiknya, teknologi informasi pasti akan berkaitan dengan komputer. Artinya, banyak pekerjaan yang menjadi ringan karena terbantu alat komputer atau laptop. Banyak bidang pekerjaan yang membutuhkan fungsi teknologi informasi. Sebut saja bidang penerbangan, bidang perbankan, bidang perkantoran, bidang perdagangan, dan masih banyak bidang lainnya.

Saat berada di bank, misalnya Anda membutuhkan salinan dokumen yang mesti dikirim ke kantor pusat pada hari yang sama. Anda tak perlu repot mengantarkannya atau menggunakan jasa kurir. Cukup nyalakan mesin faksimile lalu kirimkan dokumen yang diperlukan dan dalam sekejap salinan dokumen sudah ada di kantor pusat.

Mesin ATM atau Auto Teller Machine pun merupakan hasil dari kemajuan teknologi. Dengan perangkat tersebut, pihak bank memudahkan para nasabahnya dalam bertransaksi seperti melakukan pengambilan uang, pengecekan saldo, transfer uang hingga pembayaran lainnya. Nasabah tak perlu mendatangi bank hanya untuk keperluan mengambil uang tunai misalnya. Cukup datangi ATM bank terdekat dan melakukan transaksi dengan cepat dan aman.

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian teknologi informasi dan perkembangannya. Semoga bermanfaat!

Loading...
Selanjutnya : Kisah di Pantai Dream Land Bali
Sebelumnya: Keperluan Rumah Tangga Saat Pindah yang Harus Dibeli
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar