Pengertian Tendangan dalam Beladiri Taekwondo Menurut Para Ahli


Pengertian tendangan dalam beladiri Taekwondo menurut para ahli bahwa cabang olahraga tersebut tidak didefinisikan secara khusus. Namun, dari pengertian Taekwondo itu sendiri, kita bisa mengetahui apa sebenarnya tendangan dalam beladiri tersebut.

Taekwondo sendiri merupakan cabang olahraga beladiri yang muncul dari negara Korea. Cabang olahraga sekaligus seni beladiri ini tidak hanya memokuskan anggotanya untuk memiliki kekuatan fisik dan kemahiran bertarung saja, tapi juga peningkatan kedisiplinan, motivasi, spirit, dan perkembangan kepribadian yang lebih baik di dalam diri.

Kata Taekwondo sendiri berasal dari tiga suku kata, yakni tae, kwon, dan do yang masing-masing suku kata tersebut berarti “tendangan”, “pukulan”, dan “seni”. Dengan kata lain, Taekwondo merupakan seni tangan dan kaki atau seni tendangan dan pukulan. Hal ini memperlihatkan bahwa ada filsafat tersendiri yang terhimpun di dalam gerakan memukul dan menendang yang diajarkan di dalam Taekwondo.

Berbagai teknik dan doktrin dalam dunia seni beladiri ini pun bermunculan. Akan tetapi, Taekwondo pada dasarnya tetap mengajarkan seni tendangan dalam sikap bergerak, dengan mempergunakan daya jangkau yang lebih besar agar bisa melumpuhkan lawan meskipun dari jarak yang jauh.
Beberapa jenis tendangan yang sering dipergunakan dalam pertandingan Taekwondo antara lain adalah tendangan berputar, tendangan depan, tendangan 45 derajat, tendangan kapak, dan tendangan samping. Selain itu, ada juga tendangan melompat, tendangan skip, dan berputar yang mencangkup satu sistem kombinasi gerakan beladiri.

Secara umum, seni beladiri semacam ini bukan hanya diperlukan untuk membela diri secara fisik. Melainkan mempertahankan diri, baik secara fisik maupun batin karena terkadang kita lebih sukar untuk melawan diri sendiri dibandingkan dengan melawan orang lain.

Seni beladiri yang terdapat di setiap cabangnya biasanya menanamkan nilai moral tertentu yang membuat orang yang melakukan seni beladiri tersebut tidak lagi terpaku pada kebutuhan fisik semata, tapi juga batinnya. Begitu pula pengertian tendangan dalam beladiri Taekwondo menurut para ahli pun merupakan suatu gerakan yang masuk ke dalam sistem tubuh secara menyeluruh, baik lahir maupun batin sehingga terdapat keseimbangan antara dua keadaan tersebut.

Selanjutnya : Berhadiah Pulsa Xl untuk Anda
Sebelumnya: Belajar Menjadi Fotografer
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar