Patologi Sosial dalam Pengertian Tentang Istilah Masyarakat


Patologi sosial dalam pengertian tentang istilah masyarakat merujuk pada suatu keadaan atau penyakit yang dialami oleh sebagain besar masyarakat karena adanya kondisi tertentu yang tidak stabil. Hal ini dimungkinkan oleh berbagai faktor yang melingkupi kehidupan masyarakat itu sendiri, seperti halnya sistem kemasyarakatan, sistem kebudayaan yang terkikis, sistem perekonomian yang semakin global, sistem politik yang mendunia, dan berbagai macam hal lain yang bisa mengakibatkan munculnya penyakit dalam kehidupan sosial masyarakat.

Secara garis besar, patologi merupakan sebuah bentuk penyakit yang tergolong berpengaruh terhadap kehidupan orang yang mengidapnya. Sementara itu, patologi sosial merupakan segala bentuk pertentangan yang ada dalam kehidupan masyarakat dan menjadi suatu hal yang mengubah kondisi dan situasi tersebut ke arah yang lebih buruk. Patologi sosial ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah munculnya peradaban yang mengkristal sehingga sulit ditemukan identitas suatu kelompok yang berasal dari wilayah tradisi dan kebudayaan.

Sebagai contoh, masyarakat Indonesia yang tadinya memiliki kebudayaan yang bernilai tinggi dan berpegang teguh pada norma-norma keagamaan, kini telah mulai menurunkan kebudayaannya akibat munculnya kemajuan dalam berbagai bidang yang dibawa oleh peradaban, seperti halnya kemajuan teknologi dan kemjuan perekonomian yang menuntut tradisi untuk berkembang dan maju lebh cepat daripada yang seharusnya.

Hal tersebutlah yang kemudian memicu masyarakat di Indonesia untuk dapat mengejar ketertinggalannya jika dibandingkan negara-negara maju di sekitarnya sehingga masyarakat yang tidak berpendidikan menjadi tidak mengenal sisi kebudayaan dan peradaban yang harus atau layak diikuti atau tidak.

Ketidaktahuan tersebutlah yang kemudian menimbulkan konflik antara kehidupan manusia yang tetap ingin tinggal dan hidup di wilayah tradisi dengan kehidupan manusia yang ingin muncul ke permukaan peradaban bersama dengan kebudayaan-kebudayaan baru yang bisa membuatnya lebih maju dan berkembang hingga setara dengan masyarakat modern lainnya.

Kondisi seperti inilah yang kemudian memicu banyak krisis sosial, seperti halnya kriminalisasi, disorientasi, dan berbagai patologi sosial dalam pengertian tentang istilah masyarakat yang bahkan sama sekali tidak diketahui dampak buruknya oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Selanjutnya : Kumpulan Pidato tentang Hari Kartini
Sebelumnya: Kenali Berbagai Penyakit dengan Gejala Sakit Perut Bagian Bawah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar