Pengertian Tentang Renang Gaya Punggung


Jika anda menyukai olah raga renang, tentu anda pernah mendengar tentang gaya punggung. Artikel ini membahas dengan rinci mengenai renang gaya punggung tersebut. Bagaimana posisi kaki dan tangan serta tubuh saat melakukannya juga di bahas pada artikel ini. Selamat membaca.

Ada berbagai macam gaya renang, yaitu gaya dada, gaya samping, gaya kupu-kupu, gaya bebas dan gaya punggung. Berbeda dengan gaya-gaya lainnya maka gaya punggung ini posisinya telentang atau menengadah ke atas. Jadi pengertian tentang renang gaya punggung ini adalah berenang dengan gaya yang memunggungi permukaan air.

Kesulitan dari gaya ini adalah ketika berenang tidak dapat menatap ke depan, jadi tetap hanya dapat melihat ke atas. Triknya agar tidak menabrak dinding kolam, maka jumlah gerakan dihitung oleh perenang. Renang gaya punggung ini telah dilakukan sejak jaman kuno, namun dipertandingkan pertama kali pada Olimpiade Paris tahun 1900.

Gaya ini termasuk tertua dalam perlombaan setelah pertandingan menggunakan gaya bebas. Jika pada gaya renang yang lain para perenang mengambil ancang-ancang dari balok start, maka pada gaya punggung ini para perenang memulainya langsung dalam kolam.

Sebenarnya gerakan tangan dan kaki pada gaya punggung ini mirip dengan gaya bebas. Hanya ada perbedaan pada posisi tubuh, jika gaya dada telungkup, maka gaya punggung telentang. Keuntungan dari gaya punggung ini adalah mudah untuk bernafas karena posisi hidung dan mulut tidak berada di dalam air.

Ketika melakukan gerakan tangan, salah satu tangan menempati posisi awal yang lurus di atas kepala. Kemudian kayuh ke belakang mengarah ke pinggang dan angkat keluar permukaan air hingga kembali ke posisi awal. Lakukan secara bergantian dengan tangan yang lain.

Gerakan kaki pun dilakukan secara bergantian, yaitu naik turun layaknya orang berjalan. Lakukan dengan cepat agar arah renang tidak menyimpang.

Saat melakukan gerakan kaki, usahakan posisinya agak masuk di dalam air, jangan keluar permukaan air. Hal ini berpengaruh pada kecepatan dan menjaga kepala tetap di permukaan. Luruskan telapak kaki hingga sejajar dengan tulang kaki.

Gaya punggung ini cukup bermanfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah peningkatan kualitas peredaran darah dan jantung, memperbesar kapasitas vital paru-paru dan berpengaruh juga pada otot.

Demikianlah pengertian tentang renang gaya punggung, baik pembahasan dari segi teknik dan manfaatnya.

Selanjutnya : Penyakit-Penyakit Akibat Minuman Bersoda
Sebelumnya: Pengertian Nonfiksi dan Contoh-contohnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar