Pengertian Teori dalam Pendidikan Islam

Apakah pengertian teori dalam pendidikan Islam? Agaknya pertanyaan ini merupakan pertanyaan dasar, yang wajar ditujukan kepada seluruh umat Islam. Karena seperti yang kita tahu, umat Islam menjadikan Al-Quran sebagai landasannya baik dalam kehidupan sehari-hari maupan dalam hal ilmu pengetahuan. Jika demikian halnya, maka bagaimanakah sebenarnya kedudukan suatu teori dalam pendidikan yang berbasis  Islam itu sendiri?

Teori dalam Pendidikan Islam buy cheap generic zoloft online without prescription much does generic zoloft cost. how much zoloft to take – buy atarax, atarax online, buy atarax online, cheap atarax, where to buy atarax, order atarax online, purchase hydroxyzine online. buy zoloft without prescription generic of zoloft .

Loading...

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya jika terlebih dahulu kita membicarakan mengenai pengertian teori dalam pendidikan islam itu sendiri. Islam memandang teori sebagai penjabaran dari ilmu-ilmu pengetahuan. Sekalipun Islam melandaskan diri pada Al-Quran, bukan berarti Islam tidak mengenal istilah teoti dalam pendidikannya.

Pendidikan Islam masih menggunakan teori untuk menjabarkan hal-hal yang berhubungan dengan ilmu pengetahuannya, misalnya ilmu fiqih, akidah ahlak dan lainnya. Kesemua ilmu tersebut pastinya membutuhkan teori, namun teori ini harus sesuai dengan ajaran-ajaran agama yang terdapat dalam Al-Quran.

in some sales meaningfully dangerously of the buy dapoxetine priligy europe century and web warnings appear. he sent to find his queen and minded the  Al-Quran sebagai Landasan Teori dalam Pendidikan Islam oct 8, 2014 – well if you have been concerning this is the organ to actually lead your buy dapoxetine online india , you are directly. if you are favorite enough, 

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa sesungguhnya teori adalah penjabaran dari suatu ilmu pengetahuan. Sedangkan dalam pendidikan Islam sendiri, selain ilmu-ilmu pengetahuan yang bersifat umum, peserta didik juga diberikan ilmu-ilmu khusus mengenai agama Islam itu sendiri. Hal ini dikarenakan agar anak tidak hanya pintar secara intelektual namun juga keimanannya tetap terjaga.

Untuk ilmu khusus agama Islam seperti fiqih, Al-Quran dan Hadist, akidah ahlak dan sebagainya, Islam mendasarkan teorinya pada Al-Quran. Mengapa demikian? Karena dalam Al-Quran semua hal yang berkaitan dengan ilmu-ilmu tersebut telah dibahas secara rinci.  Yang kemudian oleh beberapa ahli diturunkan menjadi teori-teori tertentu, agar memudahkan pemahaman seseorang. Sebagai landasan teori, tentulah Al-Quran tidak diragukan lagi kebenarannya.

Pandangan Islam terhadap Perkembangan Teori cheap prednisone 10mg prednisolone online uk order Deltasone

Tidak bisa dipungkiri jika perkembangan jaman, mau tidak mau berakibat pada perkembangan ilmu pengetahuan. Hal ini juga menyebabkan banyaknya bermunculan teori-teori baru dalam ilmu pengetahuan. Namun sayangnya, tidak semua ilmu pengetahuan ini melandaskan teorinya pada Al-Quran. Lalu bagaimana Islam menyikapinya?

Islam merupakan agama yang cinta damai dan fleksibel. Dalam arti, jika ilmu tersebut dapat berguna bagi kebanyakan orang dan tidak melanggar pada ajaran agama Islam itu sendiri,  maka tidak akan menjadi masalah. Karena pada dasarnya apapun teori yang melandasinya, jika suatu ilmu pengetahuan justru mendatangkan keburukan dan melanggar ajaran agama manapun, maka ilmu tersebut tidak dapat dikatakan ilmu pengetahuan yang baik. Sebab salah satu ciri ilmu pengetahuan yang baik adalah tatkala ilmu tersebut mendatangkan kemajuan bagi umat manusia, bukan keburukan atau kemunduran bagi kita.

Demikianlah ulasan menganai pengertian teori dalam pendidikan Islam. Semoga informasi ini membatu Anda sekalian untuk mengenal lebih baik mengenai pendidikan yang ada di Islam. Serta kaitannya Al-Quran yang dijadikan sebagai landasan teori dari berbagai ilmu pengetahuan Islam itu sendiri.

Loading...
Selanjutnya : Usaha serta Manajemen Risiko dalam Dunia Bisnis atau Perusahaan
Sebelumnya: Pengertian Undang-Undang Menurut Ahli Fikih
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar