Pengertian Tepi Pantai, Manfaat, dan Ekosistem di Dalamnya

Tidak semua orang mengetahui pengertian tepi pantai. Frase “tepi pantai” yang tampak sederhana namun seringkali menimbulkan kesalahkaprahan dimasyarakat. Frase “tepi pantai” terdiri dari atas kata “tepi” dan “pantai”. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata “tepi” memiliki arti bagian permukaan yang di luar sekali, pinggir, atau perbatasan.
Sedangkan kata “pantai” berarti tepi laut, perbatasan daratan dengan laut, atau daerah tempat terjadi pasang surut. Dengan demikian, tepi pantai merupakan daerah permukaan di pinggir laut.

Manfaat Tepi Pantai

Tepi pantai adalah kawasan yang dapat dimanfaatkan untuk beragam keperluan. Banyak aktifitas yang dapat kita lakukan di tepi pantai, diantaranya adalah sebagai berikut:

1.    Objek wisata pantai dengan segala fasilitasnya, misalnya cottage, vila, taman laut yang menjadi tempat menyelam (diving), atau snorkling.

2.    Kawasan tambak garam, seperti pantai di Pulau Madura.

3.    Kawasan pertanian pasang surut, seperti kawasan pertanian rumput laut di berbagai kawasan pantai di Indonesia.

4.    Kawasan perkebunan tumbuhan tropis, misalnya kelapa dan pisang

5.    Kawasan perdagangan, seperti pasar ikan.

6.    Kawasan indsutri, misalnya industri kerajinan tradisional masyarakat pesisir.

Tepi Pantai Sebagai Ekosistem

Setelah mengetahui pengertian tepi pantai, perlu diketahui bahwa pantai juga merupakan sebuah ekosistem. Ekosistem tepi pantai adalah ekosistem yang berada di antara perbatasan laut dan darat. Di dalamnya terdapat komponen biotik dan abiotik.

Komponen biotik di ekosistem tepi pantai adalah segala jenis tumbuhan dan hewan yang ada di pantai. Sedangkan komponen abiotiknya adalah segala macam benda mati yang berada di ekosistem tepi pantai, seperti pasir, gelombang, batuan, arus, angin, dan lain-lain.

Hewan yang berada di dalam ekosistem tepi pantai diantaranya: penyu, siput, kepiting pantai, udang, bintang laut, dan organisme lain yang terbawa dari luat ke pantai oleh arus. Organisme yang biasanya terbawa hingga ke pantai di antaranya: rumput laut, beberapa jenis cumi-cumi, ubur-ubur, alga, dan teripang.

Jenis ekosistem lain yang berada di tepi pantai adalah hutang bakau atau mangrove. Hutan bakau merupakan salah satu penyangga pantai yang dapat mengatasi abrasi. Pada ekosistem ini, hidup beragam jenis hewan, seperti kera, ular, kepiting, udang, dan ikan air payau.

Demikian pengertian tepi pantai dan penjelasan mengenai manfaat dan ekosistem yang berada di pantai. Informasi ini diharapkan menambah wawasan mengenai pantai sehingga dapat dijadikan referensi tempat berlibur bagi keluarga.

Selanjutnya : Arti Nama Bayi Perempuan Tokoh Wayang
Sebelumnya: Renungan Ulang Tahun Kelahiran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...