Pengertian Tumbuhan Secara Umum


Pengertian tumbuhan secara umum adalah bagian dari salah satu klasifikasi makhluk hidup. Tumbuhan miliki klorofil atau zat hijau daun yang berfungsi sebagai media penciptaan makanan. Klorofil ini berfungsi pula sebagai proses fotosintesis. Sebuah proses mengubah energi cahaya matahari yang dijadikan energi kimia yang kemudian disimpan dalam bentuk glukosa.

Tumbuhan

Tumbuhan sebagai makhluk hidup juga memiliki klasifikasi. Untuk klasifikasinya sendiri dibedakan dalam dua kelompok besar. Klasifikasi pertama yakni tumbuhan tak berpembuluh. Tumbuhan jenis ini yakni lumut-lumutan. Seperti lumut hati, lumut daun, dan lumut tanduk. Sedangkan klasifikasi kedua yaitu tumbuhan berpembuluh. Jenis tumbuhan ini miliki akar, batang, dan juga daun. Tumbuhan jenis ini sering ditemui di sekitar kita.

Setelah pengertian dan jenis, kini saatnya mengenal fungsi dari tumbuhan itu sendiri. Setidaknya ada beberapa manfaat tumbuh-tumbuhan yang dibutuhkan manusia, antara lain:

1. Tanaman hias: manusia manfaatkan fungsi ini sebagai hobi. Namun tak jarang pula digunakan untuk bisnis.

2. Tanaman obat: tumbuh-tumbuhan dikenal miliki khasiat bagi medis. Dan manfaatnya ini digunakan manusia untuk pengobatan.

3. Tanaman pangan: tumbuhan jenis sayur dimanfaatkan sebagai bahan pangan. Misalkan saja kubis, sawi, dan masih banyak lagi.

4. Tanaman pupuk: bagi industri pertanian, tumbuhan juga bisa diandalkan sebagai bahan pupuk. Misalkan saja azolla pinata.

Di awal disebutkan jika tumbuhan lakukan proses fotosintesis untuk hasilkan makanan. Proses ini sesungguhnya juga hasilkan ‘bahan’ lain. Sesuatu yang dibutuhkan makhluk hidup lain untuk bernafas, oksigen (O2).

Ini berarti, selain sebagai salah satu produsen bahan pangan terbesar di dunia, tumbuh-tumbuhan juga berposisi penting dalam penghasil oksigen. Untuk itu manusia tidak hanya sekadar mengeksploitasi manfaat tumbuhan, namun juga merawat dan melestarikannya.

Menurut ilmu Biologi, tumbuhan merujuk pada sebuah organisme. Dalam kategori organisme ini, terkandung 350 ribu spesies di dalamnya. Dari jumlah itu, ada sekitar 250 ribu jenis tumbuhan berbunga dan 18 ribu jenis tumbuhan lumut. Secara keseluruhan, kesemua jenis di atas mendapat asupan energi dari sinar matahari untuk fotosintesis.

Demikian sekelumit informasi terkait pengertian tumbuhan.

Selanjutnya : Cara Menangkap dan Memperkuat Signal Wifi Sederhana
Sebelumnya: Referensi Jalan Tak Ada Ujung (1952), Novel Karya Mochtar Lubis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar