Pengertian Unsur-unsur Intrinsik Novel


Karya sastra yang baik dibangun dari beberapa unsur yang menjadi pondasinya. Unsur intrinsic menjadi dasar dalam menilai sebuah karya sastra menurut para ahli. Unsur intrinsic ada beberapa antara lain tema, alur, penokohan, latar, gaya bahasa, sudut pandang dan juga amanat. Sehingga dapat disimpulkan pengertian unsur-unsur intrinsik novel ialah hal-hal yang menjadi pembangun karya sastra novel dari dalam.

Unsur Intrinsik Novel

Di bawah ini uraian sejumlah unsur intrinsik novel antara lain:

1. Tema

Tema merupakan persoalan pokok yang dibawakan pengarang dalam sebuah cerita atau novel. Sehingga darinya dapat ditarik sebuah alur pandangan dan cita-cita pengarang dalam karya sastranya. Tema novel sangat lazim menjadi permasalahan utama dan seringkali persoalan yang muncul berkaitan dengannya.

Bila cerita dituliskan jalan keluarnya dari pengarang, maka solusi itu akan disebut sebagai amanat. Amanat umumnya ada dalam karya sastra dimasukkan secara implisit. Dimaksudkan bila jalan keluar atau nilai moral tersebut dimuat dengan perubahan tingkah laku dari tokoh mendekati akhir cerita.

2. Alur

Alur merupakan urutan kejadian dalam sebuah cerita yang disampaikan pada novel. Berbagai kejadian itu terhubung dengan adanya sebab akibat, peristiwa atau permasalahan yang memunculkan masalah baru. Peristiwa itu digambarkan melalui tingkah laku, perbuatan, atau perilaku tokoh-tokoh dalam cerita.

3. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang dibawakan oleh para pengarang novel berbeda satu dengan lainnya. Penyebabnya bisa beragam, semisal kesukaan dari pembuat novel, target pembaca, seting latar, tokoh-tokoh yang dimainkan dan lain sebagainya.

Bila Anda mulai untuk memikirkan membuat sebuah novel, maka awalilah dengan gaya bahasa yang mudah bagi diri sendiri. Atau paling tidak meniru gaya bahasa penulis lain yang digemari, sebab dari situlah muncul kenyamanan dalam merintis karya sastra yang umumnya berukuran tebal ini.

4. Sudut Pandang

Sudut pandang sangat menentukan karakteristik dari novel, umumnya sudut pandang terkait erat dengan para tokoh yang dihadirkan. Kadang kala untuk menilai sebuah sudut pandang sebuah cerita bisa dinilai dari beberapa tulisan awal. Karena dari situlah cerita akan dibangun dan kemudian dikembangkan.

Demikianlah penjelasan pengertian unsur-unsur intrinsik novel, semoga bermanfaat bagi para penggemar karya sastra.

Selanjutnya : Mengenal Hewan Langka dan Asalnya
Sebelumnya: Problem Sosial di Masyarakat Sosiologi – Sumber dan Pengelompokan Masalah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar