Pengetahuan Tentang Internet, Google Book Sebagai Media Belajar

Pengetahuan tentang internet di era teknologi dan informasi wajib dikuasai oleh kalangan peserta didik, sebab pengetahuan ini sangat membantu dalam proses belajar di sekolah.

Banyak informasi dan referensi yang bisa digali lewat internet. Salah satunya adalah penggunaan Google Books sebagai media belajar.

Google Books Sebagai Media Belajar

Google mendigitalkan jutaan buku dari seluruh dunia. Buku-buku ini kemudian ditampilkan dalam wujud digital dalam layanan mereka yang bernama Google Book.

Lantas, apa yang bisa dimanfaatkan dari Google Book dalam posisinya sebagai media belajar? Setidaknya ada tiga kegunaan Google Book dalam membantu proses belajar siswa.

Referensi

Google Book bisa sebagai referensi bagi siswa terkait mata pelajaran yang sedang dipelajari. Misalnya saja siswa miliki tugas esai tentang ‘bencana alam’.

Karena keterbatasan buku di perpustakaan sekolah, siswa bisa memanfaatkan Google Book sebagai sumber referensi esai tersebut. Tinggal masuk ke laman Google Book kemudian isi kata kunci dengan topik esai terkait.

Nantinya Google Book akan menampilkan buku, atau bagian dari ‘dalaman’ buku yang tersemat keyword ‘bencana alam’. Dari beberapa buku yang ditampilkan, siswa bisa ‘meramunya’ sebagai sumber referensi dalam tugas penulisan esai tersebut.

Originalitas

Ada sebuah pengandaian yang menyebut jika (konten) internet adalah sampah. Sebab, konten-konten yang ada di internet yang tidak jelas asal-usulnya. Google Book meminimalisasi peluang itu.

Buku-buku digital yang Google Book koleksi berasal dari buku fisik (cetak) yang telah diterbitkan oleh penerbit. Ini berarti nama penulis dan sumber pustakanya tidak perlu dipertanyakan lagi originalitasnya.

Menambah koleksi

Tiap sekolah pasti miliki perpustakaan mandiri. Namun tidak semua sekolah miliki koleksi buku lengkap yang dibutuhkan siswa. Google Book bisa menambal kelemahan ini.

Koleksi mereka jutaan. Buku-buku dalam Bahasa Indonesia pun jumlahnya tidak sedikit. Jika sosialisasi Google Book dilakukan di sekolah, pasti siswa tak akan mengeluh lagi mengenai minimnya buku di perpustakaan.

Kelemahan Google Book

Salah satu kelemahan utama Google Book adalah ketidaklengkapan halaman buku yang ditampilkan. Google Book hanya menampilkan pratinjau di halaman-halaman tertentu atau tidak seluruh halaman buku.

Selain itu, Google Book juga tidak bisa diunduh. Meski demikian, dengan banyaknya kelebihan yang telah dijelaskan di atas, pengetahuan tentang internet mengenai Google Book tetap penting untuk dikuasai oleh peserta didik. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Peningkatan Hasil Pertanian
Sebelumnya: Obat Kulit Alami dari Dalam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar