Memanfaatkan Penggunaan Messenger untuk Bisnis

Perkembangan teknologi memang benar-benar bermanfaat dan membantu bagi penggunanya, bahkan dalam bidang bisnis. Selain mudah dijangkau dan praktis, dengan fasilitas internet jaringan menjadi semakin luas. Begitu pula penggunaan Messenger pada bidang bisnis.

Menggunakan Messenger

Penggunaan Messenger tidak hanya untuk bisnis yang berhubungan dengan internet dan komputer, tetapi bisnis yang lain juga bisa. Tidak harus orang yang ahli di bidang IT, siapapun bisa menggunakan fasilitas yang ada di internet.

Para pebisnis biasanya suka menggunakan layanan Yahoo Messenger atau yang biasanya disingkat dengan YM. Di sana ada beberapa fasilitas, seperti chatting, kirim SMS, lampiran, emticon, video call, menambahkan teman, membuat grup, dan lain-lain.

Mungkin pada awalnya komunikasi tidak langsung ke Messenger. Bisa dari blog, web, atau situs dimana di sana terpasang iklan. Jika berminat dan tertarik baru dilanjutkan ke pesan di Yahoo Messenger atau bisa menghubungi nomor telepon.

Ketika sudah masuk di Messenger, di sana akan terjadi transaksi antara kedua belah pihak, yaitu penjual dan pembeli. Di sana akan diketahui barang yang ditawarkan, jenisnya, hingga harga. Setelah terjadi kesepakatan, biasanya uang akan ditransfer dan setelah itu barang akan dikirim ke alamat pembeli.

Jenis-jenis bisnis yang memanfaatkan penggunaan Messenger pada bisnis antara lain seperti jual beli perlengkapan elektronik, pakaian, makanan kering, perlengkapan rumah tangga, transaksi server dalam hal jual beli pulsa, pelayanan PLN, dan masih banyak lagi.
Mulai dari bisnis kecil hingga bisnis besar, beberapa perusahaan tetap menjadikan layanan ini diminati dan dimanfaatkan. Karena bisa dijadikan penghubung dalam suatu transaksi, kemudahan di dalamnya juga menjadi alasan kenapa aplikasi ini disukai.

Tentu saja yang namanya bisnis online harus tetap diwaspadai karena rentan penipuan. Banyak pelanggan yang tidak dikenal. Intinya, ketika terjadi transaksi, harus ada pembayaran terlebih dahulu baru pengiriman barang. Jangan sampai ditipu oleh pihak pembeli yang tidak bertanggung jawab. Harus dipastikan terlebih dahulu ketika adanya komunikasi di Messenger.

Begitu pula dengan seorang pembeli, harus dipastikan barang yang hendak dibeli bagus atau tidak, sesuai harapan ataupun hanya tampak baik di luar. Jika bisa, harus ada perjanjian ketika barang rusak bisa dikembalikan karena biasanya pada penjualan online, barang yang sudah dibeli tidak bisa dikembalikan.

Itulah beberapa manfaat dan kelebihan penggunaan Messenger pada bidang bisnis. Tentu aplikasi ini memudahkan dalam komunikasi dan memperlancar transaksi.

Selanjutnya : Cara Memberi Ucapan dan Doa Selamat Ulang Tahun buat Sahabat
Sebelumnya: Cara Memilih Suara Burung Perkutut Terbaik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

loading