Internet Gaul: Penggunaan Singkatan di Jejaring Sosial


Internet gaul termasuk di dalamnya penggunaan singkatan di jejaring sosial merupakan ekspresi relatif terhadap teknologi jaringan dan komputer pada umumnya. Meskipun gaul biasanya mengacu pada kata yang spesifik untuk sebuah kelompok, klub, olahraga, hobi, atau bahkan generasi muda, dalam arti luas internet gaul juga termasuk emoticon, atau grafis sederhana yang diketik dengan keyboard stroke karakter ASCII.

Ada pula emoticon (emosi ikon +) jenis umum dari gaul internet. Bentuknya pictographs keyboard sederhana yang menunjukkan intonasi sehingga terlihat seperti lelucon. Selain, emoticon yang menunjukkan lelucon, ada juga emoticon yang bisa menunjukkan kemarahan, tawa, menggoda, menangis, sedih, terkejut, sarkasme, malu dan banyak emosi lainnya.

Emoticon yang paling umum ini adalah smiley yang diproduksi oleh tanda penjelas : yang mewakili mata dan mewakili senyum, dibaca menyamping. Akronim juga merupakan bagian dari leksikon internet.

Ada pula alternatif untuk singkatan emoticon yang berhubungan dengan internet. Dalam hal ini singkat menjadi semacam bahasa gaul internet. Tertawa keras berguling-guling menjadi LMAO, as far as I’m concerned menjadi AFAIC, dan if you know what I mean dipendekkan menjadi IYKWIM. Ada ratusan akronim tersebut yang paling popular, misalnya LOL (laugh of lot) alias teretawa kebahak bahak. Ada juga IMHO yang singkatannya in my humble opinion, atau dalam hemat saya.

Istilah seperti “kutu buku” dan “pecandu” juga dapat dianggap gaul internet, meskipun mereka secara khusus menekankan pengetahuan tentang komputer. “Newbie” adalah kata gaul untuk seseorang yang tidak terbiasa suasana baru di internet, apakah itu memasuki komunitas game baru atau membangun sebuah komputer untuk pertama kalinya. Dikenalkan pula khas, ciri seperti pemangkasan kata ‘Gan’ dari juragan, dan ‘Masbro’ dari mas brother.

Jenis lain dari bahasa gaul internet meminjam kata-kata ofensif dari dunia nyata dan menerapkannya pada komunitas online. Seorang “troll” misalnya, adalah seseorang yang mengabaikan Netiquette dalam newsgroup, forum atau chat room dengan mencoba untuk memulai pertengkaran atau flamming demi kepuasan pribadi

Di beberapa komunitas online atau milis gaul internet penggunaan singkatan di jejaring sosial berkembang khusus untuk kelompok atau subjek tersendiri. Sesuai netiketnya, daftar singkatan yang seringkali dibuat demi kalangan sendiri yang lebih terbatas demi menjaga tidak terdeteksi oleh anak-anak. Misalnya, dalam forum jejaring sosial dewasa dikenal istilah FR, yang artinya Fuck Report, atau kisah dewasa.

Selanjutnya : Morfologi Tanaman Cabai Rawit Putih
Sebelumnya: Makanan Bakteri adalah Bahan Organik dan Anorganik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar