Pengolahan Limbah Padat Kertas Secara Kimiawi

Pengolahan limbah padat kertas secara kimiawi merupakan salah satu langkah untuk mengantisipasi terjadinya polusi limbah padat kertas. Kita sangat mengetahui bahwa kebutuhan kertas untuk kehidupan sangat besar sebab banyak keperluan yang diwujudkan dalam bentuk kertas.

Artinya, kertas banyak dipergunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup kita. Dalam berbagai bidang kehidupan, kertas merupakan bahan yang banyak digunakan. Akibat banyaknya pemakaian kertas tersebut, maka berdampak pada semakin banyaknya limbah dari kertas.

Limbah adalah buangan atau produk sampingan dari sebuah proses produksi yang dapat dikatakan sebagai sampah. Proses produksi yang kita maksudkan dapat berupa proses yang terjadi dalam industri dan proses yang terjadi dalam rumah tangga.

Limbah padat memang seringkali disebut sebagai sampah, dan sebagai sampah, maka kehadirannya sungguh tidak dibutuhkan atau dikehendaki. Oleh karena itulah, maka kita harus mengelolanya sedemikian rupa agar tidak mengganggu kehidupan.

Sebagai sampah, tentunya limbah padat kertas harus kita perlakukan sedemikian rupa sehingga tidak menjadi polusi bagi kehidupan. Sampah kertas yang berserakan atau menggunung tentunya sangat mengganggu suasana lingkungan.

Belum lagi jika sampah tersebut terbakar, maka asapnya dapat menyebabkan polusi udara. Asapnya dapat menghalangi pandangan dan menyebabkan gangguan pernapasan. Oleh karena itu, maka kita harus dapat mengolah sampah padat kertas sebaik-baiknya sehingga tidak semakin menjadi polusi bagi kehidupan lingkungan.

Sampah kertas memang menimbulkan polusi, terutama keindahan pandangan mata. Jika ada sampah berserakan, tentunya hal tersebut akan mengurangi keindahan yang ada di lingkungan tersebut.

Jika dibiarkan, maka kertas ini dapat mengancam lingkungan sebab sifatnya yang mudah terbakar. Banyak kejadian kebakaran dikarenakan sampah, terutama sampah kertas yang tidak ditangani dengan sebaik-baiknya.

Tetapi dengan perkembangan jaman, ternyata sampah atau limbah padat kertas ini menjadi sumber penghasilan masyarakat. Sampah kertas yang sangat banyak tersebut dikumpulkan dan dijual kembali ke pabrik kertas.

Di pabrik kertas, sampah kertas tersebut diolah ulang menjadi kertas lagi. Dengan demikian, maka terjadi perputaran material sehingga proses produk dapat dilakukan dengan bahan tersebut.

Pengolahan limbah padat kertas secara kimiawi banyak dilakukan untuk mengurangi kemungkinan sampah tersebut menjadi sumber polusi lingkungan. Kertas yang sudah tidak dipergunakan, diolah ulang sehingga dapat diproduksi kembali menjadi kertas. Penebangan pohon untuk bahan dasar kertas pun menjadi lebih sedikit sehingga kelestarian alam lebih terjaga.

Selanjutnya : Pemilihan Burung Jalak Putih yang Bagus
Sebelumnya: Rumus Rubik 3x3 Beginner
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

loading