Peninggalan Kerajaan Sriwijaya


Zaman dahulu wilayah Indonesia dikuasai oleh beberapa kerajaan besar, salah satunya adalah Sriwijaya yang berpusat di Pulau Sumatera. Peninggalan Kerajaan Sriwijaya pun sampai saat ini masih bisa dilihat dan dipelajari, misalnya saja candi dan prasasti bersejarah.

Kerajaan Sriwijaya adalah kerajaan maritim terbesar yang kekuasaannya meliputi banyak wilayah, mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Semenanjung Malaya, hingga ke Kamboja dan Thailand. Kerajaan ini berdiri sejak sekitar abad ke-7 hingga abad 13. Selama masa kekuasaannya tersebut, raja-raja membangun berbagai candi dan membentuk prasasti tertentu yang sekarang kita sebut sebagai peninggalan sejarah.

Berikut ini adalah beberapa contoh peninggalan Sriwijaya yang patut Anda ketahui.

1.  Prasasti Kedukan Bukit

Ini adalah bukti peninggalan Sriwijaya tertua yang berasal dari abad ke-7. Prasasti ini ditemukan pada 29 November 1920 oleh M.Batenburg di Kedukan Bukit, Palembang. Prasasti tersebut berupa batu yang terdapat teks atau tulisan aksara Pallawa dengan bahasa Melayu Kuno.

2.  Prasasti Telaga Batu

Prasasti ini ditemukan di sekitar Telaga Biru, Palembang, di tahun 1935. Prasasti ini berisi tulisan Pallawa dalam Melayu Kuno, isi tulisannya memberi petunjuk bahwa di sekitar tempat penemuan tersebut ada sebuah vihara. Tulisan dipahatkan pada batu andesit, di puncak prasasti terdapat ornament 7 kepala kobra.

3.  Candi Muara Takus

Seperti namanya, candi ini berada di Muara Takus, Kabupaten Kampar, Riau. Candi tertua di Sumatera ini adalah tempat beribadah umat Buddha. Kompleks Candi Muara Takus juga terdiri dari beberapa candi, misalnya Candi Tua, Candi Bungsu, Candi Palangka, dan Stupa Mahligai.

4.  Arca Buddha

Sriwijaya adalah kerajaan yang dipengaruhi oleh agama Budha, maka banyak pula peninggalan Sriwijaya yang berupa arca-arca berifat Budhisme, contohnya arca Bodhisatwa Awalokiteswara yang ditemukan di Jambi dan arca Maitreya yang ditemukan di wilayah Komering, Sumatera Selatan.

Itulah beberapa contoh peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang menjadi bukti bahwa kerajaan ini dulunya benar-benar menguasai sebagian besar wilayah Indonesia. Sampai sekarang, seluruh peninggalan sejarah tersebut dipelihara dengan baik karena termasuk kekayaan negara yang sangat berharga.

Selanjutnya : Seni Patung Ekspresionisme
Sebelumnya: Permainan Di Pinggir Pantai
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar