Peninggalan-peninggalan pada Zaman Prasejarah – Perhiasan Perunggu pada Zaman Batu


Pernah mendengar kalimat yang menyatakan bahwa nenek moyang manusia adalah kera? Percaya atau tidak para arkeolog dan peneliti telah menemukan banyak fakta dan teori yang menunjang pembenaran kalimat ini. Banyak ditemukan peninggalan-peninggalan pada zaman prasejarah.

Berdasarkan fosil dan peninggalan-peninggalan lain tersebut para ahli menyatakan bahwa manusia mengalami evolusi, tidak hanya bentuk tubuh tetapi juga evolusi pola kehidupan. Sebelum manusia mengenal kegiatan bercocok tanam, manusia telah lebih dahulu mengenal perkakas yang terbuat dari batu. Pada zaman ini manusia tidak bergantung sepenuhnya pada hasil alam tetapi telah mengolah hasil alam menjadi sesuatu yang lebih baik. Zaman ini dikenal dengan zaman batu atau neolitikum.

Ada yang istimewa pada manusia yang hidup di peradaban zaman batu yaitu manusia sudah mengenal perhiasan. Mungkin sebagian dari kita berpikir bahwa untuk berpakaian saja belum terlalu cukup tetapi sudah menggunakan perhiasan. Tetapi berdasarkan penemuan para ahli telah ditemukan banyak perhiasan, ada yang terbuat dari batu, ada yang disebut manik-manik dan ada yang terbuat dari perunggu. Perhiasan dari perunggu membuktikan peradaban pada zaman batu sudah termasuk tinggi untuk zaman prasejarah. Seperti tidak percaya bahwa manusia zaman batu sudah mampu mengolah logam perunggu menjadi perhiasan sedangkan mereka belum memiliki alat-alat yang memadai.

Perhiasan pada Zaman Batu

Perhiasan yang umumnya ditemukan pada zaman batu adalah gelang tangan, gelang kaki, cincin, bandul kalung, dan anting-anting. Penggunaan perhiasan pada zaman batu umumnya adalah sebagai mahar atau mas kawin ketika terjadi proses melamar yang dibawa oleh pihak lelaki untuk diberikan kepada pihak perempuan. 

Menurut pendapat para ahli proses pengolahan perunggu untuk menjadi perhiasan umumnya dilakukan dengan cara memukul-mukul bagian perunggu dengan batu membentuk pola yang diinginkan, sehingga bentuk yang diperoleh masih belum terlalu sempurna. Misalnya, cincin tidak berbentuk terlalu bulat karena belum adanya alat modern seperti sekarang. Namun selain itu ada yang mengatakan bahwa perunggu diolah dengan cara membakar perunggu. Contoh lain yaitu pada bandul kalung yang umumnya berbentuk hewan, ada yang berbentuk reptil dan masih ada lainnya.

Semua peninggalan-peninggalan pada zaman prasejarah tersebut menunjang perkembangan tentang pengetahuan, tetapi perkara tentang manusia berasal dari kera atau bukan, tentukan pilihanmu dari sekarang.

Selanjutnya : Misteri Kawasan Bermuda
Sebelumnya: Upaya Mengatasi Permasalahan Lingkungan Di Sekitar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar