Jejak Peninggalan Pra Sejarah Jawa Timur


Wilayah Jawa Timur kerap kali menjadi lokasi ditemukannya benda-benda peninggalan zaman pra sejarah alias purbakala. Sejak abad ke-19 bahkan hingga sekarang, banyak peninggalan pra sejarah Jawa Timur yang ditemukan. Pada tahun 2013 ini saja, telah ditemukan peninggalan purba berupa batu dolmen dan lumpang di Kelurahan Bakalankrajan, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur.

Peninggalan Sejarah

Jauh sebelum itu, tepatnya pada tahun 1891, sebuah tim di bawah pimpinan seorang peneliti asal Belanda bernama Eugene Dubois telah menemukan fosil manusa purba di Trinil, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Fosil manusia purba temuan tim Eugene Dubois ini kemudian diketahui berjenis Pithecanthropus Erectus.

Pithecanthropus Erectus termasuk manusia purba yang sudah bisa berdiri tegak atau Homo Erectus. Temuan Eugene Dubois di Trinil tersebut berupa fosil tempurung kepala dan tulang paha manusia purba jenis Pithecanthropus Erectus.

Fosil manusia purba di Trinil yang ditemukan oleh Eugene Dubois. Tak pelak menjadi salah satu penemuan terbesar di dunia kepurbakalaan dan menjadi perbincangan serta perdebatan bagi kalangan ilmuwan pada saat itu.

Sebenarnya, fosil manusia purba pertama di Jawa telah ditemukan oleh van Rietschoten sebelum penemuan oleh Eugene Dubois, yakni pada tahun 1889. Van Rietschoten menemukan fosil Homo Sapiens di Wajak, Tulungagung, Jawa Timur.

Jenis ini adalah manusia purba yang sudah dilengkapi dengan otak berkemampuan tinggi. Fosil manusia purba Homo Sapiens temuan van Rietschoten diperkirakan masuk ke wilayah Nusantara melalui India dan Indocina.

Tak hanya itu, pada tahun 1934, tim ekspedisi yang dipimpin oleh GHR von Koenigswald juga menemukan cukup banyak fosil manusia purba di sepanjang Bengawan Solo hingga di tepi Sungai Brantas, Mojokerto Jawa Timur. Menurut dugaan para ahli, fosil-fosil manusia purba Homo Erectus yang ditemukan di Jawa Timur telah berusia kurang lebih 1.000.000 tahun.

Di sepanjang abad ke-20 masih ditemukan berbagai peninggalan pra sejarah Jawa Timur bahkan hingga saat ini. Tahun 1993, ditemukan sejumlah peralatan purba di sekitar Malang. Tahun 2002, di kawasan Teluk Pacitan ditemukan fosil manusia purba yang masih utuh beserta sejumlah perkakas kuno yang menyertainya. Terakhir, batu dolmen dan lumpang juga ditemukan di Malang pada tahun 2013.

Selanjutnya : Cara Cepat Memverifikasi Akun Facebook
Sebelumnya: Ciri-ciri Terkena Demam Berdarah Dengue (DBD)
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar