Peninggalan Sejarah Kebudayaan Islam


Peninggalan sejarah kebudayaan Islam selalu menarik minat setiap umat Islam untuk mendalami pemahaman mereka tentang Agama Islam dan menelusuri perkembangan Islam sehingga menjadi salah satu agama dengan pemeluk terbanyak di dunia.

Mesjid

Peninggalan sejarah bercorak Islam di Indonesia umumnya merupakan perpaduan antara kebudayaan Islam dan kebudayaan masyarakat setempat karena pada saat itu penyebaran agama Islam di nusantara menggunakan metode sinkretisme yaitu terjadinya percampuran budaya Islam dan budaya lokal.

Misalnya, dakwah yang dilakukan melalui wayang dan masjid yang dibangun mirip dengan bentuk candi misalnya kemiripan antara menara Mesjid Kudus di Jawa Tengah dengan Bale Kul-Kul Pura Taman Ayun di Bali serta mesjid lainnya seperti Mesjid Banten, Mesjid Demak, Mesjid Aceh, Mesjid Cirebon.

Makam

Peninggalan historis kebudayaan Islam dapat kita temui dalam bentuk makam dan nisan bertuliskan huruf arab misalnya makam Para Walisongo di berbagai wilayah di Jawa, makam Imogiri di Yogyakarta, makam Raja Gowa dan makam Sultan Hasanuddin di Sulawesi Selatan, makam Fatimah Binti Maumun di Gresik, makam Sultan Malik Al Saleh di Aceh.

Karya Seni

Peninggalan kebudayaan Islam di Indonesia dalam bentuk karya seni dapat dijumpai pada pertunjukan rebana, kasidah, dan marawis, shalawat Nabi, tari Seudati, tari Saman, seni Kaligrafi dengan huruf Arab gundul/tulisan Arab yang tidak menggunakan harakat, seni sastra berupa Hikayat Raja Pasai, Hikayat Hang Tuah, Babad Tanah Jawi.

Berkaitan dengan Ibadah

Peninggalan sejarah Islam di dunia yang paling banyak dikunjungi umat muslim sedunia dalam rangkaian Ibadah Haji dan Umrah di antaranya yaitu:

• Masjidil Haram terletak di Kota Mekah dan didalamnya terdapat Ka’bah, sumur zamzam, Hajar Aswad, dan makam Ibrahim AS.

• Masjidil Aqsha yang merupakan saksi peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

• Masjid Nabawi yang didalamnya terdapat makam Nabi Muhammad SAW, makam Abu Bakar As Shiddiq dan makam Umar Bin Khattab.

• Bukit Safa dan Marwah merupakan tempat umat Islam melakukan sa’i.

• Gua Hira adalah celah sempit di Jabal An Nur tempat Rasulullah bertafakur dan beribadah sebelum masa kenabiannya.

• Padang Arafah merupakan tempat dilaksanakannya wukuf.

• Bukit Mina merupakan tempat melempar jumrah.

Demikian artikel mengenai peninggalan sejarah kebudayaan Islam. Semoga Anda berkesempatan untuk bisa mengunjungi berbagai peninggalan sejarah Islam tersebut untuk semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan Anda kepada Allah SWT.

Selanjutnya : Kepentingan Motivasi Beserta Artinya
Sebelumnya: Perkembangbiakan Gurita
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar