Peninggalan Tata Kota yang Teratur pada Masa Kebudayaan India Kuno Terdapat di Pakistan


Anda pernah mendengar nama Mohenjo-daro? Ini adalah nama sebuah kota pusat peradaban India kuno tepatnya Lembah Indus yang ada sekitar 2600 SM-1900 SM. Kota ini kini menjadi bagian wilayah dari Pakistan. Mohenjo-daro memiliki tata kota yang teratur. Bangunan-bangunan yang ada di kota ini teratur dengan baik dan apik. Itu artinya peninggalan tata kota yang teratur pada masa kebudayaan India kuno terdapat di Mohenjo-daro atau kini masuk wilayah Pakistan.

Jika kita ingat-ingat lagi, Mohenjo-daro ada dalam sejarah kebudayaan kuno yang dipelajarai di SMP dalam mata pelajaran Sejarah. Mohenjo-daro memiliki tata letak kota yang terencana dan mmeiliki pola yang hampir sempurna. Pada masa kejayaannya, kota ini diduduki oleh lebih dari 35 ribu jiwa. Banguan-bangunan yang ada di kota ini dibuat dari batubata yang terbuat dari lumpur serta kayu bakar yang dijenkur di bawah matahari dengan ukuran yang rata.

Di kota ini terdapat sebuah bangunan yang disebut Lumbung Besar. Menurut Sir Mortimer Wheeler, Lumbung Besar ini dirancang khusus dengan dilengkapi ruang-ruang yang digunakan untuk menyambut geronak hasil panen. Selain itu, ad juga saluran udara yang berfungsi untuk mengeringkan hasul panen tersebut. Namun, kemudian Jonathan Mark Kenoyer mengemukakan bahwa tidak adanya catatan apakah hasul panen memang disimpan di sini atau tidak. Itulah sebabnya mengapa ia lebih suka menyebutnya balai Besar.

Bangunan publik berada dekat dengan Lumbung Besar. Fungsinya sebagai pemandian umum dengan ukuran yang besar. Bagian bawah pemandian ini dilapisi dengan tar alami sehingga terhindar dari kebocoran. Selain itu, di kota ini juga terdapat sumur sebagai sumber air Air dari sumur ini disalurkan ke rumah-rumah warga kota.  Bahkan, beberapa rumah dilengkapi dengan sebuah kamar yang menyerupai kamar mandi. Air-air kotor disalurkan ke saluran pembuangan yang tertutup.

Mohenjo-daro yang disebut sebagai kota pertanian juga memiliki pasar kota dan pusat administrasi atau politik.  Hanya saja, hingga kini belum diketahui sampai mana fungsi pusat administrasi tersebut digunakan. Bangunan-banguan yang ada di Mohenjo-daro ini kebanyaka rusak akibat adanya bencana besar yaitu banjir besar dari Sungai Indus yang mempporakporandakan seluruh isi kota.

Demikianlah sekilas tentang peninggalan bersejarah dari Mohenjo-daro. Peninggalan tata kota yang teratur pada masa kebudayaan India kuno terdapat di Mohenjo-daro atau kini masuk ke wilayah Pakistan.

Selanjutnya : Tanah di pulau Kalimantan Tidak Subur
Sebelumnya: Perbedaan Komunikasi Organisasi dan Komunikasi Kelompok
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar