Peningkatan Pelayanan di Kantor Pos Daerah

Peningkatan pelayanan di kantor pos daerah semakin hari membuat para pelanggan puas. Di Ambon, misalnya PT. Pos Indonesia membuat program kemitraan agen pos. Untuk meluaskan pelayanan terbaiknya, dibuatlah outlet-outline investasi yang melibatkan langsung pelanggan.

Kesepakatan secara MOU

Loading...

Sementara, di Jawa Tengah, PT. Pos Indonesia bersama dengan Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah Provinsi Jawa Tengah telah menandatangani kesepakatan atau MOU untuk pelayanan pengiriman Surat Pemberitahuan Kewajiban Pemilik Kendaraan Bermotor atau Super KPKB. Juga surat peringatan pembayaran PKB melalui PT. Pos Indonesia. Ini dilakukan sebagai bentuk peningkatan pelayanan di setiap kantor pos.

Tujuan kerja sama ini tentu saja untuk membantu para wajib pajak setempat dalam hal pembayaran jatuh tempo pajak kendaraannya. Satu bulan sebelum tanggal jatuh temponya, surat akan dikirimkan kepada wajib pajak sebagai warning agar tidak terlambat membayar PKB. Wajib pajak diharapkan bisa segera pergi ke Samsat. Jika terjadi keterlambatan pembayaran, Samsat kemudian akan segera mencetak surat peringatan pembayaran lalu mengirimkannya melalui PT. Pos Indonesia di kota setempat.

Kerja sama dalam upaya peningkatan pelayanan di kantor pos ini sekaligus dimaksudkan untuk menambah kas pemasukan provinsi. Dan bagi PT. Pos Indonesia, kesepakatan ini sebagai bentuk pelayanan terbaik bagi pelanggan.
Peningkatan Pelayanan

Di sejumlah wilayah, PT. Pos Indonesia juga mulai meningkatkan pelayanan dari segi pembangunan fisik. Diantaranya menyeragamkan warna bangunan kantor pos yang identik dengan warna putih dan oranye. Lalu, penambahan 1 mesin elektronik di setiap cabang untuk mengatur nomor antrian.

Mesin ini dijalankan secara digital dan otomatis. Hanya dengan sosialisasi sebentar saja, masyarakat sudah bisa mengoperasikan mesin ini dengan baik. Penambahan counter layanan dari 4 counter menjadi 8 counter. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi penumpukan antrian. Sambil menunggu, pelanggan bisa duduk-duduk di sofa panjang yang terletak di tengah ruangan. Atau kursi panjang di sisi-sisi ruangan.

Peningkatan pelayanan di kantor pos saat ini tidak hanya dari segi fisik tetapi juga pendekatan personal antara petugas dengan pelanggan yang akan mengirimkan surat atau keperluan lain. Gaya komunikasi yang seragam dengan bahasa tubuh dan mimik wajah yang baik bisa membuat nyaman pelanggan. Di kantor pos pelanggan juga bukan hanya bisa mengirimkan surat, wesel atau barang melainkan juga mengambil pensiun gaji para pegawai negeri manula dan mengirim uang ke luar negeri melalui Western Union.

Loading...
Selanjutnya : Pengertian Pinjaman Modal Usaha
Sebelumnya: Perkembangan Koperasi di Indoesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar