Penjelasan Asmaul Husna Arrahman


Secara singkat, penjelasan Asmaul Husna Arrahman, maksudnya adalah bahwa Allah Swt. itu Maha Pengasih. Tiada keraguan atas kasih sayang yang diberikan Sang Maha Pemberi itu kepada manusia dan segala mahluk yang ada di jagad raya. Hanya saja, mahluk-Nya terutama manusia, sering kali lupa untuk bersyukur.

Kealpaan dalam bersyukur ini bisa karena keangkuhan hati manusia atau sedikitnya ilmu yang dimiliki. Sesungguhnya, Allah Swt. terus mencurahkan kasih-Nya tiada henti. Tetapi, manusia kadang merasa bahwa Allah Swt. menyiksanya dengan berbagai cobaan. Padahal, bagaimana manusia bisa merasakan bahagia yang sebenarnya tanpa merasakan perjuangan untuk meraih bahagia.

Manusia jarang bersyukur karena tidak mau berpikir. Kehidupan dunia telah membuat manusia merasa bahwa segala yang indah dan nikmat itulah yang harus dikejar. Kalau bisa, tidak perlu bekerja keras dan semua keinginan terkabul. Manusia lupa bahwa ada yang mengatur hidupnya. Mereka juga tidak menyadari bahwa apa yang mereka sesalkan itu mungkin akan memberikan makna yang luar biasa pada waktunya.

Bahagia yang Sesungguhnya

Ketika menyadari sifat Ar-Rahman yang dimiliki oleh Allah Swt., seharusnya manusia yakin bahwa hanya dengan menyandarkan semuanya kepada Allah Swt. semata, maka semua urusan akan selesai. Tiada kesedihan dan tiada kesusahan yang abadi. Dalam kesulitan itu pasti ada keringanan untuk memecahkannya.

Allah Swt. itu tidak akan menzalimi umat-Nya. Tidak mungkin, Ia yang mencipta dan Ia akan menyiksa. Segala perbuatan yang tidak baik itu akan berdampak pada manusia itu sendiri. Begitu juga ketika manusia melakukan hal yang baik, semua akan dirasakan sendiri.

Rasa bahagia yang sesungguhnya adalah ketika hati merasa dekat dengan Sang Pencipta. Tiada rasa takut, tak ada galau. Keresahan itu karena begitu banyak noda dan bercak dosa. Bila tidak langsung dihapus dan dibersihkan dengan istighfar dan perbuatan baik, maka akan semakin sulit mendapatkan rasa bahagia yang sesungguhnya.

Ketamakan dan berbagai keinginan duniawi akan semakin sering hinggap di hati. Demi merasakan kasih yang berlimpah dari Sang Maha Pengasih, maka lebih dekatlah kepada-Nya, jangan ragu. Penjelasan Asmaul Husna Arrahman ini cukuplah memberi semangat untuk yakin pada kasih-Nya.

Selanjutnya : Unsur Aspek Sosial Negara Indonesia
Sebelumnya: Cara Menggunakan Photoshop Express
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar