Penjelasan Gerhana Bulan


Tahukah Anda tentang penjelasan gerhana bulan? Seperti yang sudah banyak diketahui, gerhana bulan merupakan suatu fenomena ketika sebagian atau seluruh bagian dari bulan tertutup oleh bayangan bumi. Fenomena tersebut dapat terjadi jika letak bumi berada di tengah-tengah bulan dan matahari.

Keberadaan antara bumi, matahari, dan bulan pada saat terjadinya gerhana bulan ini menghalangi cahaya matahari untuk sampai ke bulan. Oleh karena itulah, cahaya bulan ketika gerhana akan redup terhalang oleh bayangan bumi dari matahari.

Terjadinya Gerhana Bulan

Penjelasan lain mengenai gerhana bulan ini bisa juga diakibatkan oleh keberadaan bulan yang sedang beroposisi dengan matahari. Akan tetapi, tidak semua letak oposisi bulan dan matahari dapat menyebabkan fenomena gerhana bulan.

Gerhana bulan akan terjadi apabila bulan beroposisi dengan apa yang disebut dengan node. Node sendiri merupakan perpotongan antara orbit bulan dengan bidang ekliptika. Perpotongan antara orbit bulandan bidang ekliptika ini akan menghasilkan dua buah titik potong yang disebut dengan node tersebut.

Dalam perputaran orbitnya, bulan membutuhkan waktu kurang lebih 29,53 hari untuk dapat bergerak dari satu titik node, ke titik node yang lainnya. Oleh karena itu, fenomena gerhana bulan akan diikuti dengan fenomena gerhana matahari karena bulan melewati titik-titik node pada orbitnya.

Dalam pelaksanaannya, peristiwa gerhana bulan ini seringkali menampakkan wujud bulan, meskipun bulan telah tertutupi oleh bayangan bumi. Hal ini dikarenakan cahaya dari matahari masih dapat menembus hingga sampai ke bulan. Cahaya matahari ini biasanya dibantu dengan pembelokkan cahaya yang dilakukan oleh atmosfer bumi.

Kebanyakan cahaya yang dibelokkan oleh atmosfer bumi ini memiliki spectrum cahaya merah. Oleh sebab itulah, pada saat gerhana bulan terjadi, bulan akan tampak berwarna gelap, seperti berwarna merah tembaga,coklat, ataupun jingga.

Demikianlah sedikit penjelasan gerhana bulan yang dapat disampaikan. Gerhana bulan memang merupakan fenomena yang begitu mengagumkan. Fenomena tersebut dapat dilihat dengan mata langsung dan tidak membahayakan mata sama sekali. Semoga dengan adanya penjelasan mengenai gerhana bulan ini dapat menambah wawasan Anda tentang fenomena-fenomena alam.

Selanjutnya : Beberapa Danau Unik Indonesia yang Terkenal
Sebelumnya: Memilih Jurusan Fakultas Teknik UNHAS
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar