Penjelasan Hacker – Si Otak Encer

Apa yang dimaksud dengan hacker? Hacker merupakan salah satu istilah yang terdapat dalam dunia komputer. Lalu, apa yang dilakukan oleh hacker? Temukan informasi lebih jauh mengenai penjelasan hacker dalam artikel ini.

Jenis-jenis Hacker

Loading...

Pada umumnya, hacker sering dikaitkan dengan para penjahat di bidang teknologi. Padahal dalam kenyataannya tidak selalu begitu. Ada juga hacker yang memberikan dampak positif  bagi dunia teknologi.

Sebenarnya, hacker merupakan seseorang yang memiliki keingintahuan cukup besar dalam bidang teknologi, khususnya berkaitan dengan sistem komputer. Oleh karena itu, biasanya hacker adalah seseorang yang menguasai sistem komputer. Lalu, apa yang dimaksud dengan hacking?

Hacking merupakan metode atau cara untuk masuk ke dalam sistem komputer. Pada dasarnya, hacking merupakan seni keamanan jaringan komputer. Tidak heran, jika terdapat dua jenis hacker. Pertama, hacker dengan tujuan positif. Kedua, hacker dengan tujuan negatif.

Lalu, apa saja jenis hacker yang ada di dunia? Adapun jenis hacker yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Black Hat Hacker

Black hat hacker atau lebih dikenal dengan sebutan cracker merupakan salah satu jenis hacker yang berbahaya bagi dunia komputer. Hal ini dikarenakan, tindakan cracker merugikan seseorang dan juga melanggar peraturan undang-undang.

White Hat Hacker

White hat hacker bisa dikatakan sebagai lawan dari black hat hacker. Perbedaan tersebut terlihat dari cara kerjanya. White hat hacker merupakan hacker yang masuk ke dalam sistem komputer sebagai pengendali keamanan. Biasanya, hacker seperti ini bekerja di security consultasi.

Gray Hat Hacker

Gray hat hacker bisa dikatakan sebagai hacker yang tidak punya pendirian. Sewaktu-waktu, gray hat hacker bisa berperan sebagai hacker yang memberikan dampak positif (white hat hacker). Terkadang juga, gray hat hacker bisa menjelma menjadi hacker jahat (black hat hacker) yang memberikan dampak negatif  bagi dunia komputer.

Awalnya, kemunculan hacker bertujuan untuk membawa perubahan baik bagi dunia teknologi. Peran hacker adalah mencari kelemahan sistem lain, kemudian mengembangkannya kembali. Pengembangan yang dilakukan inilah yang membawa dampak positif bagi dunia komputer.

Meskipun begitu, tidak bisa dipungkiri kini banyak hacker yang masuk ke dalam sistem untuk merusaknya. Mulai dari mencuri password, sampai dengan membobol akun. Ya, kecerdasan para hacker memang tidak bisa dianggap remeh. Dengan demikian, perlu kecerdasan ekstra untuk melawan para hacker jahat.

Demikianlah artikel seputar penjelasan hacker. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat bagi para pembaca.

Loading...
Selanjutnya : Mengenal Jurnalis Televisi dan Konsentrasinya
Sebelumnya: Tips Membuat Teks Ceramah Pendek
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar