Penjelasan Mengenai Bagian-Bagian Laporan Laba Rugi Manufaktur


Sebelum tahu penjelasan mengenai bagian-bagian laporan laba rugi manufaktur, sebenarnya apa yang dimaksud laporan laba rugi manufaktur?

Yang dimaksud laporan laba rugi manufaktur adalah gambaran kondisi keuangan yang merepresentasikan capaian kinerja perusahaan manufaktur dalam suatu interval waktu.

Laporan ini dibuat secara periodik berdasarkan kebutuhan. Yang bertanggung jawab dalam penyusunan laporan ini adalah bagian keuangan. Setiap pos keuangan, baik arus keluar maupun arus masuk harus tercatat dalam laporan keuangan tersebut.

Laporan laba rugi sangat bermanfaat bagi perusahaan manufaktur. Antara lain untuk mengukur kinerja, mengetahui tingkat efektivitas dan akurasi strategi yang telah ditetapkan, serta sebagai alat kontrol keuangan perusahaan.

Bentuk laporan laba rugi ada dua macam, single step dan multiple step. Dalam single step, pengelompokkan biaya hanya dibagi menjadi dua, kelompok pendapatan dan laba serta kelompok biaya dan kerugian.

Sedangkan bentuk multiple step, pendapatan dan biaya dikelompokkan dan disusun dalam urutan tertentu.  Adapun penjelasan mengenai bagian-bagian laporan laba rugi manufaktur dapat kita simak pada uraian berikut.

1. Revenue (pendapatan)

Merupakan aliran masuk akibat penjualan produk ataupun kegiatan lain di luar penjualan produk. Namun demikian, penjualan produk tetap menjadi pendapatan utama sebuah perusahaan manufaktur.

2.  Expense (biaya)

Merupakan aliran ke luar untuk mendapatkan produk atau jasa dari pihak lain serta pelaksanaan kegiatan perusahaan lainnya di luar hal tersebut.

3. Income (penghasilan)

Merupakan selisih antara pendapatan dengan biaya.

4. Profit (laba)

Merupakan peningkatan jumlah modal akibat transaksi yang dilakukan perusahaan manufaktur pada periode tertentu. Perusahaan manufaktur akan menerima laba jika jumlah pendapatannya lebih tinggi daripada biaya yang dikeluarkan.

5. Loss (rugi)

Merupakan penurunan jumlah modal akibat transaksi yang dilakukan perusahaan manufaktur pada periode tertentu. Perusahaan manufaktur akan mengalami rugi bila jumlah pendapatannya lebih rendah daripada biaya yang dikeluarkan.

6. Cost (harga perolehan)

Adalah besarnya biaya produksi yang dibutuhkan dalam proses pembuatan suatu produk.

Itulah penjelasan mengenai bagian-bagian laporan laba rugi manufaktur. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.

Selanjutnya : Penghasil Jamrud
Sebelumnya: Morfologi Tanaman Cabai Rawit Putih
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar