Penjelasan pada Partitur Not Balok dan Not Angka


Musik adalah salah satu hal yang bisa mengurangi stress. Untuk itu, di waktu senggang sebagian orang memanfaatkannya untuk memainkan alat musik atau sekadar mendengarkan lagu. Dalam memainkan musik pastinya harus bisa menguasai penjelasan pada partitur not balok.

Memainkan Musik

Alat musik yang biasanya dimainkan cukup beragam. Mulai dari gitar, kendang, keyboard, sampai dengan piano. Lalu, bagaimana cara memainkan piano?

Secara umum, untuk memainkan sebuah lagu dibutuhkan catatan partitur. Dalam partitur tersebut berisikan not atau kunci lagu yang akan dimainkan. Namun masalahnya, tidak semua orang memahami arti penulisan not balok dan not angka .

Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, kebanyakan orang beranggapan bahwa lebih mudah memahami cara penulisan not angka dibandingkan dengan not balok. Tidak heran, jika orang yang mampu memahami cara penulisan not balok lebih sedikit dibandingkan dengan not angka.

Apaka benar cara penulisan not balok sulit dimengerti? Lalu, kenapa not angka dianggap mudah untuk dipahami? Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasan tentang perbedaan partitur not balok dan not angka.

Not Balok

Setiap jenis not mempunyai kelemahan dan kelebihan masing-masing. Begitu pula dengan not balok. Partitur dengan not balok cara penulisannya tepat. Hal inilah yang semakin memperkecil risiko tertukarnya posisi nada tinggi dan nada rendah.

Nada akan terbaca secara tepat, karena disertai dengan gambar bendera. Selain itu, cara penulisan not balok juga disertai dengan blok putih atau hitam di bagian kepala not.

Partitur yang penulisannya menggunakan not balok banyak digunakan di luar negeri. Hal ini dikarenakan, penggunaan not balok di dunia lebih unggul dibandingkan dengan not angka. Bisa dikatakan, not balok berperan sebagai bahasa musik secara universal.

Not angka

Setelah mengetahui kelebihan not balok, kini saatnya untuk not angka. Dibandingkan dengan not balok, cara penulisan not angka bisa dibilang lebih cepat dan mudah. Not angka lebih mudah dipahami. Bahkan, untuk orang yang baru belajar dijamin bisa memainkan musik dengan partitur not angka.

Nah, sekarang anda sudah tahu artikel penjelasan pada partitur not balok. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat bagi para pembaca.

Selanjutnya : Materi Penjelasan Sistem Pemerintahan Indonesia
Sebelumnya: Doa Buat Anak dalam Pemberian Nama
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar