Beberapa Penjelasan Penyebab Tanah Longsor di Indonesia


Ada beberapa penjelasan penyebab tanah longsor yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Mulai dari cuaca, kondisi tanah, tata lahan, hingga ulah manusia itu sendiri. Umumnya, bencana ini terjadi kala musim hujan tiba. Di daerah tertentu yang kebetulan miliki alam lereng terjal serta kondisi tanah yang tak baik, berpotensi besar alami bencana ini.

Hujan

Curah hujan yang cukup tinggi dengan intensitas luar biasa mengakibatkan penguapan air di permukaan tanah. Penguapan ini terjadi dalam jumlah besar. Karenanya, muncul pori-pori atau rongga tanah yang sebabkan adanya keretakan di permukaan. Ketika hujan tak kunjung berhenti, maka air akan masuk ke bagian retak itu.

Air yang terakumulasi di bagian dasar akan timbulkan gerakan lateral. Air di bagian dasar lereng ini bisa diserap akar asalkan banyak pohon yang tumbuh. Selain menyerap, akar ini juga miliki fungsi mengikat tanah.

Lereng Terjal

Semakin terjal sebuah lereng maka semakin kuat pula daya dorongnya. Lereng ini terbentuk akibat terjadinya pengikisan air sungai, laut, serta angin.

Faktor Tanah

Longsor juga diakibatkan karena faktor tanah yang kurang padat. Misalkan pada tanah yang miliki jenis tanah liat atau tanah lempung dengan sisi ketebalan lebih dari dua setengah meter. Tanah jenis ini sangat rentan longsor tatkala curah hijau tinggi. Dalam kondisi suhu udara panas, tanah akan cepat pecah.

Tata Lahan

Biasanya bencana tanah longsor terjadi di daerah dengan tata lahan berupa perladangan dan persawahan. Di lahan perladangan, akar pohon tak mampu mengikat tanah bidang longsoran. Sedangkan di area persawahan akar tak kuat mengikat dan membuat tanah jadi lembek serta jenuh air.

Ulah Manusia

Contoh faktual untuk kasus ini adanya ulah manusia yang serakah dalam proses penebangan hutan. Mereka cenderung lakukan aksi brutal dengan mengdunduli hutan. Imbasnya, area yang relatif gundul tidak miliki kemampuan untuk mengikat tanah dengan kuat.

Selain itu, daerah pembuangan sampah juga miliki pengaruh. Sebab, dalam jumlah banyak bisa timbulkan longsor bila disertai dengan curah hujan tinggi. Apa yang terjadi di Tempat Pembuangan Akhir Sampah Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat bisa dijadikan realita penjelasan penyebab tanah longsor akibat keteledoran manusia.

Selanjutnya : Macam-macam BlackBerry dengan Gambar
Sebelumnya: Mempersiapkan Perlengkapan Mendaki Merbabu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar