Penjelasan Piagam Madinah


Sekilas tentang penjelasan Piagam Madinah bisa dijelaskan secara singkat. Piagam Madinah lahir setelah umat Muslim pindah dari Mekah ke Madinah yang kala itu namanya masih bernama Yathrib (622).

Kepindahan umat Muslimin pimpinan Nabi Muhammad SAW sendiri berdasar firman Allah untuk menghindari permusuhan dengan kaum kafir Quraisy yang terus mengancam keselamatan Nabi Muhammad dan pengikutnya.

Piagam Madinah

Piagam Madinah yang dikenal juga dengan nama Konstitusi Madinah adalah sebuah kesepakatan antara Nabi termasuk kaum muslimin dengan suku-suku yang berada di Yathrib (Madinah). Suku-suku di Madinah kala itu, antara lain Bani ‘Aus dan Bani Khazraj yang kala itu sering bertikai.

Piagam Madinah sendiri berisi kesepakatan mengenai hak dan kewajiban antar suku yang bertikai tersebut, termasuk kesepakatan hak dan kewajiban antara kaum muslimin, Yahudi, dan komunitas-komunitas lain yang berada di Madinah.

Piagam Madinah berhasil menyatukan berbagai kepentingan dan golongan yang lebih dikenal dengan sebutan Ummah. Piagam Madinah itu berisi kesepakatan dalam beberapa hal, di antaranya adalah sebagai berikut.

Bidang Sosial Ekonomi

Dalam bidang ekonomi dan sosial ini termaktub keharusan si kaya membantu yang miskin, toleransi menjalankan ibadah, saling menjaga satu sama lain dalam bidang keselamatan dan keamanan, dan penegakan hukum.

Bidang Militer

Dalam bidang militer ini tidak hanya berbicara soal perang dan angkatan perang, tetapi lebih bicara soal ketatanegaraan, di mana Nabi Muhammad Saw sebagai pemimpin negara yang diberi kewenangan mengelola negara sepenuhnya.

Nabi Muhammad Saw juga diberi kewenangan mempimpin kegotongroyongan masyarakat Madinah dalam membangun dan menghadapi musuh dari luar Madinah.

Arti Piagam Madinah

Arti Piagam Madinah bagi kaum muslim sendiri tentu saja dalam kebebasan beribadah dan penyebaran Islam kala itu tanpa paksaan dan kekerasan. Sedangkan bagi kaum non-muslim adalah selain adanya jaminan menjalankan ibadahnya, juga kepastian hukum dalam menjalankan sosial kemasyarakatan atau dalam Islam dikenal dengan nama Habluminannas.

Itulah dampak Piagam Madinah bagi masyarakat Madinah yang setelahnya dikenal dengan kota yang maju pesat dalam segala bidang, baik urusan toleransi ibadah, ekonomi, dan sosial kemasyarakatan di bawah kepemimpinan Nabi Muhammad Saw.

Benar adanya jika ada yang menyebutkan bahwa Piagam Madinah sebagai jalan perdamaian bagi kaum muslimin dan beberapa suku asli penduduk Madinah kala itu, yang sebelumnya tidak semua menerima kedatangan kaum Muslimin. Demikian penjelasan Piagam Madinah. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Tutorial Kreasi dari Bahan Kaca
Sebelumnya: Pengucapan Bahasa yang Sering Digunakan Indonesia Inggris
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar