Penjelasan Rumah Gadang

Setiap daerah di Indonesia memiliki rumah adatnya sendiri-sendiri, salah satunya adalah rumah gadang. Rumah ini ada di daerah Minangkabau atau Sumatera Barat. Nama lain dari rumah ini adalah rumah baanjuang atau rumah bagonjong. Itu baru sedikit informasi mengenai rumah gadang. Penjelasan rumah gadang selanjutnya ada di bawah ini.

Mengenal Lebih Dekat Rumah Gadang

Selain ada di daerah Sumatera Barat rumah gadang juga ada di Negeri Sembilan, Malaysia. Di Minangkabau, hanya ada beberapa tempat yang bisa dijadikan tempat mendirikan bangunan ini. Sementara yang lain, yang tidak memenuhi syarat tidak boleh membangunnya.

Rumah gadang berfungsi sebagai rumah bersama yang memiliki beberapa ketentuan. Seperti misalnya jumlah kamar dibuat sesuai dengan jumlah wanita yang tinggal di dalam. Jika sudah ada yang memiliki suami maka bisa mendapatkan satu buah kamar. Sementara itu untuk anak-anak juga perempuan tua menempati tempat tidur di dekat dapur, gadis remaja mendapat kamar yang ada di ujung untuk digunakan bersama.

Semua bagian di dalam rumah adalah ruangan lepas, namun tidak begitu dengan rempat tidur. Di dalam ada ruang yang memiliki tiang. Tiang itu berjejer dari depan ke belakang kemudian kiri ke kanan.

Dua arah yang berpasangan tersebut memiliki arti yang berbeda. Tiang yang berjejer dari depan ke belakang menunjukkan lanjar, sedangkan dari kiri ke kanan menunjukkan ruangan. Jumlah lanjar juga bergantung kepada besarnya rumah. Namun, biasanya ruangannya berjumlah ganjil.

Rumah gadang mempunyai keunikan, yaitu dari bentuk arsitekturnya. Puncak atap dari rumah berbentuk runcing seperti tanduk kerbau. Dibuat dari ijuk yang bisa bertahan hingga berpuluhan tahun lamanya. Namun sekarang sudah diganti dengan bahan seng.

Rumah ini bentuknya empat persegi panjang serta terbagi atas dua bagian, di muka serta belakang. Di bagian depan ada ukiran ornamen yang bermotif bunga, akar, daun, juga bidang persegi empat. Untuk bagian belakang dilapisi bambu yang telah dibelah.

Itulah penjelasan rumah gadang yang sangat unik. Beruntung sekali ya kita tinggal di negara yang memiliki keanekaragaman suku, budaya, rumah adat, dan lain sebagainya.

Loading...
Selanjutnya : Membahas Download Kamus Lengkap Indonesia Arab, Arab Indonesia
Sebelumnya: Penjelasan Mengenai Solusi untuk Mengurangi Pencemaran Udara Akibat Penumpukan Sampah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar