Penjelasan Seni Musik Dunia


Bagian dari kesenian yang ditunjukkan dengan adanya harmonisasi suara merupakan penjelasan seni musik. Definisi tersebut menunjukkan bahwa cabang kesenian ini, bisa dinikmati dengan menggunakan panca indera pendengaran.

Definisi Seni Musik

Meski menggunakan indera pendengaran, tidak semua perpaduan suara bisa disebut sebagai sebuah seni musik. Karena di dalam perpaduan suara tersebut, haruslah disertai adanya estetika serta nilai rasa yang mampu memunculkan keindahan bagi para pendengarnya.

Musik sendiri bisa disajikan dengan iringan alat musik saja, lantunan vokal tanpa iringan musik, atau perpaduan dari keduanya. Untuk musik tanpa ada iringan vokal, disebut dengan instrumentalia.

Di dalam penjelasan seni musik disebutkan bahwa setiap daerah memiliki ciri khas bermusik yang tidak sama antara satu daerah dengan daerah lainnya. Seni musik yang berkembang di sebuah daerah disebut dengan musik daerah.

Musik daerah ini ditandai dengan adanya nyanyian daerah dan juga alat musik daerah. Indonesia yang terdiri dari berbagai macam wilayah, memiliki beragam kesenian musik daerah yang sangat beragam. Beberapa alat musik khas dari daerah di Indonesia antara lain tifa dari Papua, Gamelan dari daerah Jawa Tengah, atau angklung yang berasal dari Jawa Barat.

Musik Modern

Selain musik daerah, berkembang pula aliran musik lain yang disebut dengan musik modern. Disebut sebagai musik modern, karena aliran musik ini menggunakan konsep yang selalu berbeda dan menyesuaikan dengan perkembangan musik di dunia.

Aliran musik modern sangat beragam dan selalu bertambah setiap waktunya. Beberapa aliran musik modern antara lain musik pop, jazz, R & B, rock, atau musik instrumental.

Dalam perkembangannya, beberapa aliran musik ini mengalami pergeseran dan pengembangan dari para pelaku seni musik. Perkembangan ini melahirkan beberapa aliran musik baru dengan tetap menggunakan aliran musik yang sudah ada sebagai dasarnya.

Beberapa aliran musik baru yang bermunculan antara lain musik ska, hip hop, punk, heavy metal, rock alternatif dan lain sebagainya. Aliran musik ini memberikan warna baru bagi para pecinta musik di dunia.

Indonesia sendiri sebagai bagian dari bisnis musik dunia tidak ketinggalan untuk mengikuti perkembangan tersebut. Hal ini didukung dengan adanya kemajuan teknologi informasi yang memungkinkan aliran musik yang berkembang di sebuah wilayah, akan mudah diadopsiĀ  di kawasan lain.

Demikianlah penjelasan seni musik di Indonesia dan di dunia. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Asal Usul Rara Santang
Sebelumnya: Download Point Blank Asli
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar