Penjelasan tentang Aurora Australis dan Borealis

Tahukah Anda apa itu Aurora? Aurora adalah fenomena alam yang menakjubkan dan terbagi dua jenis, borealis dan australis. Proses terjadinya aurora kadang masih sulit untuk dipahami masyarakat awam, karena itu tak jarang orang mencari tahu tentang aurora, baik tentang aurora borealis maupun penjelasan tentang aurora australis.

Seperti yang sudah disebutkan diawal, aurora termasuk fenomena alam, wujudnya berupa pancaran cahaya berwarna yang terjadi di lapisan ionosfer. Penyebab terjadinya aurora adalah interaksi antara medan magnetik yang ada di suatu planet dengan partikel-partikel bermuatan dari matahari yang kerap disebut plasma.

Matahari mengeluarkan partikel bermuatan ini dan memancarkannya ke segala arah, termasuk ke bumi yang kita tinggali. Partikel berkecepatan tinggi ini lantas berbenturan dengan partikel dari medan magnet bumi yang dipancarkan ke atmosfer. Benturan inilah yang menyebabkan pendaran cahaya di sekitar kutub. Mengapa hanya di kutub? Karena di kutub inilah pusat dari medan magnet bumi.

Aurora ada dua jenis, aurora borealis yang ada di kutub utara dan aurora australis yang bisa dilihat di kutub selatan. Agar lebih jelas, kita akan bahas satu per satu.

Aurora Australis

Aurora ini hanya terlihat di kutub selatan, sehingga sering pula disebut cahaya selatan. Aurora ini terlihat di tempat yang sangat tinggi, namun bila dilihat dari kejauhan akan tampak seperti berada di garis cakrawala.

Cahaya dari aurora australis ini biasanya berwarna hijau, terkadang kemerahan atau merah pudar seolah-olah matahari sedang terbit. Pada pendaran cahaya tersebut, terkadang tampak adanya garis-garis cahaya medan magnet, nyaris terlihat seperti tirai cahaya raksasa yang indah.

Aurora yang indah ini bisa dilihat dari beberapa tempat, khususnya bagian selatan bumi. Wilayah-wilayah yang bisa menikmati aurora ini adalah Antartika, Amerika Selatan, New Zealand, dan Autralia.

Aurora Borealis

Aurora ini juga sering disebut cahaya utara. Nama Borealis sendiri berasal dari Boreas yang merupakan bahasa Yunani untuk angin utara. Secara keseluruhan, hampir tidak ada bedanya dengan aurora australis. Perbedaan hanya terletak pada lokasi terjadinya aurora.

Demikian sekilas tentang aurora borealis serta penjelasan tentang aurora australis. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan Anda tentang seluk beluk bumi dan fenomenanya.

Selanjutnya : Peranan Lingkungan dalam Perkembangan Ilmu Ekonomi
Sebelumnya: Membahas Download Kamus Lengkap Indonesia Arab, Arab Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...