Penjelasan tentang Pencemaran Udara Melalui Asap Kendaraan Bermotor


Polusi udara adalah hal yang tak bisa dilepaskan dari kendaraan bermotor. Penjelasan tentang pencemaran udara melalui asap kendaraan bermotor menjadi bahasan yang cukup menarik. Pertama, kita harus mengetahui bagaimana kendaraan tersebut beroperasi. Bahan bakarlah yang membuat kendaraan tersebut memiliki energi untuk beroperasi. Jadi, bahan bakar yang dipakai oleh sebuah kendaraan bermotor pastilah akan berpengaruh terhadap hasil buangnya.

Selain bahan bakar, mesin dan sistem pembuangan sebuah kendaraan juga berpengaruh dalam menentukan baik tidaknya asap kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor yang baru biasanya akan mengeluarkan asap yang lebih putih dan lebih sedikit, bandingkan dengan sepeda motor lama yang asapnya abu-abu kehitaman. Asap tersebut dari jauh saja terlihat menyeramkan, apalagi kalau kita sadar udara yang kita hirup juga tercemar asap tersebut.

Pencemaran Udara Melalui Asap Kendaraan

Asap kendaraan bermotor mengandung zat-zat yang tak seharusnya dihirup oleh manusia. Zat-zat yang ada dalam asap kendaraan, yaitu sebagai berikut,

1. CO (Karbon Monoksida)
2. NOx (Nitrogen Oksida)
3. Hidrokarbon
4. Pb (Timbel)
5. Sox (Sulfur Oksida)

Zat-zat tersebut tentu berbahaya bagi kesehatan manusia. Udara adalah benda yang selalu kita hirup setiap harinya dan polusi udara dapat mengganggu kecerdasan, fungsi ginjal, saluran pencernaan, pernafasan, dan lain-lain. Hal tersebut tentu harus segera ditanggulangi agar tidak terus-menerus memakan korban.

Mengatasi polusi udara bukan masalah yang mudah. Kerja sama pemerintah dan masyarakat perlu dilakukan. Salah satu penyebab dari meningkatnya polusi udara adalah meningkatkan jumlah kendaraan di jalan. Pemerintah sudah berupaya menanggulanginya dengan membuat transportasi massal, namun belum begitu menunjukkan hasil.

Penggunaan kendaraan berbahan bakar ramah lingkungan juga harus disosialisasikan kepada masyarakat. Hal tersebut memang sulit apalagi mengubah kebiasaan masyarakat dalam berkendara. Masyarakat perlu menyadari pendekatan dan ketersediaan sarana dan prasarana yang mendukung penanggulangan polusi udara dalam kehidupan.

Kendaraan yang ramah lingkungan harus terus diproduksi dan diperkenalkan kepada masyarakat. Penjelasan tentang pencemaran udara melalui asap kendaraan bermotor juga harus dilakukan pemerintah agar masyarakat menjadi paham dan peduli terhadap kebersihan udara. Kesadaran masyarakat tersebut akan menjadi awal dari keberhasilan penanggulangan polusi udara.

Selanjutnya : Pentingkah Menghitung Jumlah Soal Matematika yang Keluar dari Tahun ke Tahun
Sebelumnya: Cara Bungkus Kado yang Spesial
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar