Penjelasan tentang Tari Pendet


Apakah mencari penjelasan tentang Tari Pendet? Pernahkah Anda melihat tari pendet? Mungkin ada yang pernah atau ada yang belum. Tari pendet berasal dari daerah Bali.

Tahukah Anda bahwa tari Pendet merupakan awal dari tari pemujaan terhadap dewa yang ada dalam agama Hindu di Bali? Tari Pendet ini biasa diperagakan di pura-pura yang ada di pulau Bali.

Bagi orang Bali, tari Pendet ini merupakan tari yang begitu sakral karena tari ini melambangkan sambutan kepada dewata yang turun ke dunia ini.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, tari pendet ini lama-lama menjadi tari tradisional nusantara yang mempunyai tema sebagai ‘tarian selamat datang’ karena adanya perubahan gerakan modern. Hal ini hampir sama dengan tarian yang berasal dari Hawaii yaitu tari Aloha yang berarti selamat datang.

Tari Pendet ini dapat dilakukan oleh semua kalangan masyarakat, baik laki-laki mapun perempuan, mulai dari remaja sampai orang dewasa.

Tari pendet dibawakan oleh perseorangan atau kelompok. Awal mula lahirnya tari Pendet ini adalah pada tahun 1950-an. Pada waktu itu upacara-upacara di pura di Bali selalu menggunakan tarian Pendet ini sebagai bagian dari ibadah umat Hindu.

Barulah tari Pendet mengalami perubahan dengan adanya tambahan dan modifikasi gerakan tarian yang diciptakan oleh seorang koreografer atau pemerhati seni tari yang bernama I wayan Rindi.

I Wayan Rindi ini merupakan penekun seni yang mampu menggubah dan melestarikan tari Bali. Dengan adanya penggubahan ini bukan berarti tari Pendet ini menjadi hilang nilai kesakralannya.

Nilai kesakralan dalam tari pendet ini tetap mempunyai nilai sakralnya dengan adanya muatan keagamaan yang masih kental terlihat dari gerakan-gerakannya.

Tari pendet biasa digunakan atau dipentaskan oleh para penari untuk menyambut para tamu yang datang ke daerah Bali. Sambutan ini sangat meriah karena selain sebagai tari yang sakral juga tari pendet ini merupakan tari selamat datang.

Penjelasan tentang tari pendet ini merupakan salah satu bagaimana cara melestarikan kesenian dan kebudayaan nusantara yang kita lakukan demi sebuah identitas bangsa dan negara indonesia.

Selanjutnya : Makalah Undang-undang tentang Kesehatan
Sebelumnya: Rincian Dana Pembangunan Rumah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar