Pentingnya Ilmu Komunikasi

Pentingnya Ilmu Komunikasi salah satunya ditandai oleh lahirnya sekolah-sekolah atau perguruan tinggi yang mempelajari bidang yang satu ini.

Ilmu komunikasi lahir berdasarkan pentingnya peran  komunikasi dalam kehidupan manusia. Bisa dibilang komunikasi memiliki peran yang sangat krusial dan vital dalam kehidupan manusia.

Ahli Komunikasi

Telah banyak ahli yang mendefinikasikan komunikasi, antara lain Bernard Berelson dan Gary A. Steiner mendefinisikan komunikasi sebagai suatu proses penyampaian gagasan, informasi, emosi, keahlian, dan lain-lain melalui pemakaian simbol-simbol seperti kata-kata, angka-angka, gambar, gerak tubuh  dan lainnya.

Jika dilihat sepintas, komunikasi mungkin terkesan sepele, namun sesungguhnya tidak demikian, karena komunikasi tidak sekedar membahas urusan bahasa, tapi lebih luas dari itu.

Cakupan atau ruang lingkup ilmu komunikasi meliputi banyak elemen, dan setiap elemen begitu luas, dan dalam pembahasannya bahkan bisa menjadi kompleks.

Bentuk  komunikasi dibagi menjadi 3, yaitu komunikasi personal, komunikasi kelompok, dan komunikasi massa. Sedangkan komponen komunikasi terdiri dari 5, yaitu komunikator, pesan, media, komunikan, efek. Dan sifat komunikasi dibagi menjadi 4, yaitu komunikasi tatap muka, komunikasi bermedia, komunikasi verbal, dan komunikasi non verbal.

Ilmu komunikasi begitu luas dan dalam. Jika ditelaah lebih lanjut dan dalam lagi, masih banyak hal lainnya yang masuk dalam ruang lingkup komunikasi. Ilmu komunikasi sangat diperlukan di berbagai bidang keilmuan, sebut saja bidang kedokteran, politik, hukum, dan yang lainnya.

Tanpa komunikasi, bidang apa pun takkan berfungsi. Pentingnya komunikasi di segala bidang sangat terasa. Bayangkan tanpa komunikasi, bagaimana dokter dapat menganalisa dengan baik pasiennya, atau bagaimana pengadilan akan berjalan dengan baik tanpa komunikasi, begitu juga dunia politik, apakah Negara ini dapat berjalan dengan baik tanpa komunikasi? Serta banyak lagi bidang lainnya yang sangaat bergantung pada komunikasi.

Pentingnya ilmu komunikasi kini makin disadari oleh berbagai kalangan. Komunikasi politik, komunikasi psikologi, komunikasi massa, komunikasi cyber, komunikasi antar budaya, dan banyak lagi bidang komunikasi lainnya yang telah menjadikan komunikasi sebagai hal yang penting dan vital untuk dipelajari. Semoga bermanfaat dan membuat Anda terinspirasi untuk mempelajari komunikasi lebih dalam.

Selanjutnya : Asiknya Berkreasi Membuat Contoh Hantaran Lamaran
Sebelumnya: 5 Objek Wisata di Belanda
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini