Pentingnya Lingkungan Kerja yang Sehat dan Bersih

Pentingnya lingkungan kerja yang sehat dan bersih, dapat memberikan efek yang positif bagi peningkatan kinerja pegawai dan pengembangan usaha yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Apalagi, kebersihan merupakan salah satu hal yang paling penting dalam menjaga lingkungan kerja. Sehingga, karyawan dapat bekerja dengan aman dan sehat. Selain itu, tidak hanya tempat kerja bersih yang mencerminkan profesionalisme suatu perusahaan, keadaan lingkungan pun dapat memotivasi karyawan. Karyawan akan merasa nyaman dan bekerja dengan baik.

Lingkungan Kerja di Kantor

Beberapa lingkungan kerja seperti kantor, dapat terjaga dengan baik jika lingkungan yang bersih dilakukan secara signifikan. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan tenaga pembersih yang mengurusi masalah kebersihan kantor. Perusahaan besar seperti perusahaan manufaktur juga mengalami tantangan yang lebih besar. Namun pada dasarnya, semua lingkungan kerja bisa mendapatkan keuntungan dari beberapa kebiasaan yang baik dalam menjaga lingkungan, misalnya tidak membuang sampah sembarangan.

Pentingnya Lingkungan Kerja yang Sehat dan Bersih

Kesehatan dan kebersihan pribadi merupakan kunci pertama yang memainkan peranan penting. Setiap individu perlu memperhatikan kebersihan lingkungan dan kesehatan diri, serta melakukan upaya untuk mencegah area kerja.

Sebagai contoh, dengan mewabahnya penyakit flu babi, cara sederhana seorang pekerja dalam menjaga lingkungan kerjanya, yaitu dengan mencuci tangan dan menjaga kebiasaan membersihkan barang lainnya, agar tetap sehat secara fisik sehingga terbebas dari kuman dan kotoran. Hal tersebut tampak sederhana dan perlu dilakukan dengan baik.

Pekerjaan akan lebih aman, sehat, dan ramah lingkungan dengan memperhatikan kebersihan dan hal ini dapat dimulai dari pimpinan. Setelah itu, para karyawan pun akan mengikuti. Perusahaan atau pemimpin harus membuat aturan yang baik tentang kebersihan. Walaupun terkadang hal ini dianggap sepele, tetapi dapat mempengaruhi uang, waktu, dan sumber daya yang tersedia untuk kesehatan, kebersihan, dan keselamatan dalam lingkungan kerja.

Disamping itu, manajemen lingkungan kerja yang baik dapat mempersiapkan pengawas seperti yang dipersyaratkan oleh undang-undang kesehatan dan keselamatan. Manajemen harus menyediakan pekerja dengan pelatihan akan keselamatan kerja guna menciptakan lingkungan kerja yang aman. Pekerja harus disediakan alat yang tepat dan alat pelindung diri. Manajemen harus mengikuti semua standar yang ditetapkan dalam lingkungan otoritas baik provinsi atau federal yang menangani hal kesehatan, hukum, dan peraturan keselamatan.

Pentingnya lingkungan kerja yang sehat dan bersih akan menciptakan kinerja dan motivasi pekerja dan seluruh jajaran suatu perusahan menjadi lebih baik dan meningkat. Oleh karena itu, mari ciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Proses Islam Masuk ke Indonesia
Sebelumnya: Islam di abad ke 1 Hijriah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini