Pentingnya Menuntut Ilmu Menurut Agama Islam


Menuntut ilmu bagi kaum muslim laki-laki dan perempuan hukumnya adalah wajib dan merupakan persoalan yang sangat agung. Pentingnya menuntut ilmu menurut agama Islam telah digambarkan baik dalam ayat-ayat Al Quran, maupun dalam banyak Al Hadits.

Dalam ayat-ayat Al Quran dijelaskan beberapa keutamaan menuntut ilmu, di antaranya sebagai berikut.

a.    Menuntut ilmu adalah ibadah dan merupakan persoalan yang agung karena termasuk jihad fisabilillaah. Melaksanakannya termasuk akan mendapat pahala sangat besar, sebagaimana difirmankan oleh Allah Swt. dalam surat At Taubah ayat 122:

Pentingnya Menuntut Ilmu Menurut Agama Islam 1

b.   Dengan ilmu, maka suatu amal ibadah akan sah sesuai syariat. Hal ini mengandung makna  sangat mendasar bagi orang-orang yang beriman dan berakal. Hal ini sesuai dengan perintah Allah Swt. untuk mempunyai ilmu terlebih dahulu sebelum melakukan amal ibadah dan larangan berhujjah tanpa dasar ilmu. Ini tercermin dalam surat Al Israa’ ayat 36:

Pentingnya Menuntut Ilmu Menurut Agama Islam 2

c.   Ilmu dapat mengangkat derajat seseorang,  karena itu menuntut ilmu sangat mulia dan orang berilmu derajatnya lebih mulia di sisi Allah SWT. Hal ini sesuai firman Allah dalam surat Al Mujadilaah ayat 11:

Pentingnya Menuntut Ilmu Menurut Agama Islam 3

Pentingnya menuntut ilmu dalam hadits sangat banyak dijelaskan, contohnya dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim:

Pentingnya Menuntut Ilmu Menurut Agama Islam 4Menuntut ilmu adalah suatu kewajiban sesuai syari’at, sedangkan kewajibannya itu ada dua yaitu: fardhu ‘ain dalam hal menuntut ilmu agama Islam, dan fardhu kifayah dalam menuntut ilmu lainnya selama ilmu tersebut tidak dilarang dalam syari’at Islam. Karena itu, setiap muslim akan berdosa, jika tidak mau menuntut ilmu agama Islam dalam rangka untuk mempelajari amalan ibadah dan sebagai bentuk pengabdian diri kepada Allah Swt.

Setelah menuntut ilmu, kewajiban selanjutnya adalah menyampaikan ilmu tersebut kepada orang lain. Hal ini merupakan sebaik-baik amal seorang manusia karena besarnya nilai pahala ilmu yang bermanfaat, yaitu pahala yang terus mengalir sampai yaumul qiyamah.

Pentingnya menuntut ilmu menurut agama Islam adalah suatu kewajiban dan merupakan perkara yang besar dan agung. Dengan adanya orang berilmu, maka martabat dan derajat manusia akan terpelihara. Agama Islam akan tetap hidup sepanjang masih ada orang alim yang terus mengamalkan ilmunya.

Selanjutnya : Nasib Anak Artis Hasil Perkawinan Campuran
Sebelumnya: Manusia Purba Homo di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar