Pentingnya Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh


Pentingnya olahraga bagi kesehatan tubuh tidak bisa dianggap sepele dan ditinggalkan begitu saja. Meskipun seseorang telah menginjak usia lanjut dia tetap membutuhkan olah tubuh.

Apalagi mulai dari bangku Sekolah Dasar hingga perguruan tinggi, putra-putri bangsa selalu ditanamkan pengertian bahwa dalam raga yang kuat terdapat juga jiwa yang sehat. Namun mencapai badan yang sehat dan bugar tidaklah mudah, butuh kerja keras dan control diri yang maksimal.

Setiap hari seseorang pasti mengonsumsi berbagai makanan dan minuman yang bervariasi, tidak sedikit dari bahan-bahan yang masuk dalam tubuh tersebut mengandung unsur yang berbahaya. Sebut saja lemak atau kolesterol yang berasal dari makanan yang super lezat, seperti menu daging dan seafood.

Kolesterol yang tidak dikontrol akan terus tertimbun dalam tubuh. Kondisi itu memunculkan bahaya semisal penyakit jantung atau bahkan stroke.

Cara yang paling mudah untuk mengeluarkan zat-zat berbahaya dalam tubuh yakni melalui olahraga. Keringat deras keluar melalui pori-pori kulit akan memaksa zat-zat itu terkikis habis.

Lemak juga terbakar karena organ tubuh membutuhkan energi darinya. Memang benar membiasakan diri berolahraga secara rutin tidak mudah, butuh kesabaran dari seseorang untuk memulai dan istiqomah.

Sebelum berolahraga sebaiknya Anda merencanakan dahulu jadwal aktivitas tersebut dalam seminggu. Normalnya seseorang berolahraga dua kali seminggu.

Misalnya saja mengambil hari sabtu dan minggu untuk melakukannya, sebab umumnya kedua hari tersebut adalah hari yang cukup longgar bagi pekerja atau pebisnis. Tanpa jadwal olahraga yang rutin tersebut maka sulit bagi kita untuk konsisten nantinya.

Setelah itu pilih waktu di pagi hari atau sore hari, bila kondisi memaksa pilihlah waktu berolahraga di malam hari. Namun jenis olahraga yang dimainkan harus dalam ruangan, demi menghindari dinginnya udara malam dan karbondioksida berlebih di luar.

Jenis olahraga yang bisa dilakukan secara rutin sangat beragam, mulai dari jalan cepat, jogging, renang, hingga olahraga permainan.

Olahraga memang sangat asyik bilamana dimainkan bersama-sama, ajaklah teman sekantor atau anggota keluarga untuk memainkan olahraga tertentu di akhir pekan.

Bisa berupa permainan futsal, tenis, bulu tangkis dan sebagainya. Intinya pilih yang disukai oleh semua orang.  Demikian artikel tentang pentingnya olahraga bagi kesehatan tubuh, dan selamat menempuh hidup sehat!

Selanjutnya : Prinsip Praduga Tak Bersalah dalam Kehidupan Berbangsa
Sebelumnya: Pengertian Menghormati Hak Warga atau Orang Lain
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar