Pentingnya Percaya Diri dalam Menggali Potensi Sebagai Penulis


Apa pentingnya percaya diri dalam menggali potensi? Setiap orang pasti punya kemampuan/bakat masing-masing. Bakat tersebut akan berkembang dengan baik jika diasah secara terus menerus. Namun, seringkali rasa pesimis menjadi penghalang. Dalam hidup yang diperlukan adalah sikap optimis bukan pesimis. Siapa yang kuat, dia menang. Apalagi dalam hidup ini penuh dengan persaingan. Jika rasa pesimis terus menghantui, gerbang kesuksesan semakin sulit untuk dicapai.

Jangan berhenti belajar. Dengan rajin berlatih, kesuksesan lebih mudah untuk dicapai. Dalam dunia kerja, persaingan semakin ketat. Meskipun begitu, jangan pernah pesimis dalam menjalaninya.

Seharusnya, persaingan tersebut dijadikan sebagai pemacu semangat untuk lebih bekerja keras. Apa jadinya jika di dunia ini tidak ada persaingan? Bisa dipastikan, tidak ada yang namanya target kesuksesan. Hal ini dikarenakan, tidak ada tantangan yang mendorong rasa kemauan untuk lebih maju.

Potensi Sebagai Penulis

Untuk itu, harus bisa membaca potensi diri dan mengembangkannya menjadi lebih baik lagi. Misalnya, potensi diri ada dalam bidang menulis, teruslah berkarya dengan tulisan. Mulailah menggali potensi tersebut secara perlahan namun pasti. Dalam dunia menulis sebenarnya tidak terlalu sulit untuk memulai menekuninya. Asalkan harus bisa mempersiapkan kemampuan dan mental agar lebih matang. Dengan begitu, semua pekerjaan  bisa berjalan lancar.

Untuk menggali potensi dalam menulis diperlukan pemahaman seputar dunia sastra. Di mulai dengan memperbanyak kosakata dan kemudian cara penulisan EYD (Ejaan yang Disempurnakan).

Pada dasarnya pembelajaran tentang cara penulisan bisa dipahami sambil memulai menulis. Kegiatan menulis bisa dimulai dengan membuat artikel. Hal ini dikarenakan, menulis artikel bisa dibilang paling mendasar dalam belajar cara penulisan. Selain itu, penulisan artikel juga bisa dibilang mudah. Dalam menulis artikel, hanya perlu mencari satu topik dan mengembangkannya menjadi sebuah tulisan. Misalnya, topik yang dipilih adalah amandel, tulislah informasi seputar penyakit amandel.

Biasanya, dalam dunia kerja topik artikel ditentukan dari agensi penulisan. Oleh karena itu, setiap penulis dituntut untuk bisa memahami segala hal. Namun, jika ada topik yang kurang dipahami tidak perlu khawatir. Materi artikel tersebut bisa diperoleh dengan searching di internet.

Jadi, sebenarnya menggali potensi itu tidaklah sulit. Asalkan dibarengi dengan rasa percaya diri yang tinggi. Apabila sudah percaya dengan kemampuan sendiri, semuanya akan berjalan secara lancar. Ayo, gali potensi dan kembangkanlah untuk meraih kesuksesan.

Selanjutnya : Tugas Seorang Public Relation di dalam Suatu Perusahaan
Sebelumnya: Orang-orang yang Wajib Menerima Zakat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar