Pentingnya Seorang Orang Tua Memahami Potensi Anak dalam Mengawasi dan Mengarahkan


Anak adalah anugerah dari Tuhan yang selalu ditunggu kehadirannya oleh pasangan suami istri. Kehadiran buah hati menambah kebahagian dalam sebuah keluarga. Seiring berjalannya waktu, pentingnya seorang orang tua memahami potensi anak.

Pemahaman potensi ini bertujuan untuk mengarahkan sang anak lebih mendalami bakatnya. Lalu, bagaimana cara mengetahui bakat buah hati?

Memang tidak mudah untuk mengetahui jelas potensi buah hati. Apalagi di umur yang masih muda, mudah terpengaruh dengan perkembangan zaman. Untuk itu, perlu kesabaran dalam memahami keinginan buah hati.

Mengawasi dan Mengarahkan

Pada dasarnya, sudah menjadi kewajiban orangtua untuk mengawasi perkembangan buah hati. terutama dalam hal pergaulan. Hal ini dikarenakan, secara tidak langsung pergaulan juga mempengaruhi potensi buah hati.

Misalnya, dalam pergaulan teman-temannya menyukai aktivitas melukis. Kemungkinan besar potensi buah hati juga berada dalam dunia melukis. Hal ini dikarenakan, banyak waktu yang tersita untuk belajar melukis dengan teman-temannya. Semakin lama, mungkin akan timbul keinginan untuk lebih mendalami dunia melukis.

Apabila sudah terlihat potensi buah hati dalam dunia melukis, arahkan untuk lebih mendalaminya. Mungkin dengan mengajak buah hati ke tempat kursus melukis. Di tempat kursus, buah hati anda bisa lebih mendalami aktivitas melukis. Di samping itu, buah hati juga akan mendapatkan teman yang memiliki hobi melukis juga. Dengan demikian, bisa saling berbagi pengalaman seputar melukis.

Setelah itu, ajaklah buah hati untuk mengikuti berbagai perlombaan melukis. Pada umumnya, setiap orang yang ikut perlombaan pastinya menginginkan untuk memperoleh kemenangan. Nah, saat itulah peran orangtua diperlukan.

Orangtua harus bisa mengajak buah hati untuk berpikir secara bijak. Beri tahu buah hati bahwa perlombaan adalah batu loncatan untuk mencapai kesuksesan. Perlombaan juga berfungsi untuk mengukur kemampuan. Jadi, dalam mengikuti perlombaan tidak hanya sebagai pemenang, tetapi juga untuk menambah pengalaman.

Coba bayangkan, jika tujuannya untuk menang, tapi hasilnya tidak sesuai dengan keinginan. Pastinya akan timbul rasa kecewa yang besar. Lebih parahnya lagi, semangat untuk mendalami potensi tersebut akan menurun drastis.

Apapun potensinya harus digali terus dengan cara belajar. Belajar adalah langkah paling penting untuk mencapai kesuksesan.

Demikianlah artikel seputar pentingnya seorang orang tua memahami potensi anak. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : FLP - Penulis dan Penerbit Buku di Kota Malang Jatim
Sebelumnya: Pentingnya Menggunakan Translator Online yang Akurat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar