Pentingnya Standar Akuntansi dalam Penyusunan Laporan Keuangan

Arti pentingnya standar akuntansi dalam penyusunan laporan keuangan tidak terbatas pada bidang ekonomi saja. Untuk menyusun laporan keuangan, standar akuntansi dibutuhkan guna merinci persedian kas dan pergerakan aktiva (pergerakan keluar-masuk kas) secara nyata. Akan tetapi, penyusunan laporan tersebut diharapkan tidak bergeser dari nilai-nilai ideologi, bahasa, komoditas, alasan logis, dan sejarah yang sudah ada.

Lantas bagaimana sesungguhnya peranan akuntansi dari segi ideologi, bahasa, komoditas, dan sejarah itu sesungguhnya? Berikut penjelasannya satu per satu:

Akuntansi dalam Aspek Ideologi

Dari sisi pandangan masyarakat luas, akuntansi dianggap sebagai instrumen rasionalitas ekonomi. Akuntansi merupakan sarana untuk melegimitasi sekaligus mempertahankan norma-norma ekonomi, sosial, dan politik yang berlaku. Khalayak juga menilai bahwa standar akuntansi dalam penyusunan laporan keuangan menjadi suatu alat yang amat dibutuhkan oleh golongan kapitalis.

Akuntansi dalam Aspek Bahasa

Dari aspek bahasa, akuntansi memiliki peranan sebagai alat yang dapat menyampaikan informasi suatu bisnis. Bahasa mengenal dua komponen, yakni simbol dan aturan tata bahasa. Standar akuntansi sudah memenuhi dua komponen tersebut, sehingga layak sebagai sarana komunikasi keuangan bagi mereka yang membutuhkannya. Simbol dalam akuntansi mengacu pada penggunaan angka dan kata. Sementara tata bahasa mengacu pada kumpulan prosedur yang disusun secara umum, untuk kemudian digunakan sebagai data keuangan bisnis.

Akuntansi dalam Aspek Historis/Sejarah

Dalam aspek historis, akuntansi berperan sebagai sarana pencipta dan penyedia sejarah dari suatu organisasi atau perusahaan-perusahaan. Adapun sejarah yang diciptakan oleh akuntansi berupa data transaksi-transaksi yang dilakukan oleh lembaga, perushaan, maupun organisasi. Menurut Birnberg, akuntansi menjabarkan histori dalam tiga tahap, yaitu sebagai berikut.

  • Periode pemeliharaan murni
  • Periode pemeliharaan tradisional
  • Periode utilisasi aktiva

Akuntansi dalam Aspek Komoditas

Dari aspek komoditas, akuntansi dipandang sebagai hasil yang ditimbulkan dari kegiatan ekonomi. Peranan akuntansi tidak terlepas dari adanya permintaan terhadap informasi mengenai keungan ataupun tenaga akuntan.

Akuntansi dalam Aspek Logis

Akuntansi dalam aspek logis bermakna sebagai peristiwa konkret yang dapat dibuktikan melalui data atau hasil perhitungan secara terperinci. Dengan adanya standar akuntansi yang ditetapkan, maka akuntansi dapat dijadikan perisai atau jaminan otoritas terhadap angka-angka yang tertera dalam suatu laporan keuangan. Setiap data yang tersaji akan dilengkapi dengan alasan-alasan logis menyangkut tindakan yang berhubungan dengan data tersebut.

Demikian penjelasan singkat mengenai pentingnya standar akuntansi dalam penyusunan laporan keuangan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat positif bagi pembaca.

 

Loading...
Selanjutnya : Daftar Nama Para Penulis Teenlit Bestseller
Sebelumnya: Menilik Manfaat Informasi Media Cetak dan Elektronik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar