Pentingnya Uang dalam Kehidupan Masyarakat


Sejak kanak-kanak, kita sudah diberitahu tentang arti pentingnya uang dalam kehidupan masyarakat. Usia anak-anak pun dapat dengan mudah memahami manfaat dan fungsinya. Tinggal minta uang sama orangtua, kemudian uang tersebut ditukarkan dengan barang yang diinginkan di warung sesuai harga barang. Sangat mudah, praktis, tidak memerlukan banyak pemikiran. Arti penting uang di masa kanak-kanak yakni buat jajan di warung, buat main PS, beli bakso dll.

Nilai Penting Uang

Seiring bertambahnya usia, nilai penting uang tidak hanya untuk berbelanja. Kita mulai memahami arti lain akan keberadaannya di masyarakat. Sebagai alat tukar menukar yang sah di dalam perdagangan, uang memiliki nilai kedaulatan suatu negara. Siapapun orangnya yang berada di wilayah yurisdiksi negara tersebut harus patuh dan taat dengan keberadaan alat tukar menukar yang sah tersebut tanpa kecuali. Setiap warga negara tidak boleh menolak dengan keberadaan mata uang tersebut.

Pentingnya uang di dalam kehidupan masyarakat bisa menumbuhkan rasa nasionalisme dan pengenalan jejak sejarah. Kita bisa mengenali pesan ini dari gambar yang tertera pada uang logam maupun kertas. Gambar pahlawan memberikan pengenalan kepada masyarakat tokoh-tokoh pejuang yang telah berjasa kepada negara. Tidak hanya menampilkan gambar tokoh pejuang, gambar yang tercetak bisa dijadikan sebagai sarana untuk sosialisasi program-program pemerintah. Gambar-gambar kekayaan bangsa pun tidak luput tampil pada uang. kita bisa menemukan kekayaan bangsa Indonesia seperti keanekaragaman jenis flora fauna, rumah adat, gunung, dll pada lembaran uang kertas dan logam.

Pentingnya uang dalam kehidupan masyarakat tidak hanya memperkenalkan tokoh pejuang dan kekayaan bangsa, tapi juga untuk menciptakan stabilitas nasional. Uang dapat mempersatukan warga negara yang beraneka latar belakang. Hal ini dapat dibuktikan dari adanya NKRI yang terdiri dari banyak suku dan bahasa tetapi dapat hidup gotong royong. Masyarakat yang berlatar belakang berbeda tersebut dapat bersatu dengan pengakuan uang yang sah untuk berbagai keperluan. Masyarakat bisa berinteraksi dalam dunia perdagangan tanpa memandang kesukuan atau warna kulit. Uang bersifat universal tanpa memandang siapa yang memegang.

Selanjutnya : Mengenal Macam-Macam Calung
Sebelumnya: Macam-Macam Buah Berwarna Merah dan Khasiatnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar