Penulisan Alamat Lengkap yang Benar

Penulisan alamat lengkap yang benar mencantumkan kode pos. Angka pada kode pos itu akan memudahkan pengirim surat segera mendapatkan alamat yang dituju. Sangat mungkin banyak nama jalan yang sama. Kode pos akan menjadi pembedanya. Para petugas pos sangat paham dengan arti kode pos yang telah digunakan sejak pertengahan tahun 1980-an.

Makna Angka pada Kode Pos

Penulisan alamat lengkap yang benar dengan kode pos itu benar-benar mempercepat penyampaian surat. Setiap angka pada kode pos mempunyai arti tersendiri. Pencetus ide pembuatan kode pos adalah direktur PT Pos Indonesia yang menjabat pada tahun 1987-1995. Dia adalah Marsoedi M. Paham.

Dengan perjuangan yang tidak ringan, akhirnya kode pos Indonesia pun lahir. Marsoedi dan timnya mempelajari beberapa pemakaian dan bentuk kode pos dari beberapa negara. Termasuk Singapura dan Amerika Serikat. Banyak ide bentuk kode pos sebelum. Akhirnya hanya dipilih dalam bentuk angka sebanyak lima digit.

Angka-angka pada kode pos itu merupakan kode tertentu yang menunjukan wilayah yang ada di seluruh Indonesia. Misalnya, angka 3 yang pertama yang terdapat dalam kode pos itu menunjukkan bahwa tempat itu berada di daerah Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung, Riau, dan Bangka Belitung. Angka 1 diperuntukan bagi wilayah Jabodetabek.

Angka kedua merupakan kode untuk gabungan kabupaten. Angka ketiga menunjukkan kabupaten. Angka keempat merupakan kode kecamatan. Angka kelima merupakan kode untuk kecamatan.

Contoh Penulisan Alamat Lengkap

Alamat lengkap terdiri atas nama orang yang dituju, nama jalan, nomor rumah, nomor RT dan RW, nama kelurahan, nama kecamatan, nama kabupaten, nama provinsi, dan kode pos. Contohnya:

Kepada Yth.
Bapak Nur Salam
Perum Pertaubatan Blok 1 Nomor 18, RT 01/RW 01, Kelurahan Cinta Kasih, Kecamatan Kasih Sayang, Kabupaten Jembatan Kasih, Provinsi Asmara 17862

Penulisan kabupaten boleh disingkat menjadi kab. Begitu juga penulisan kecamatan yang boleh disingkat kec. Nama provinsi biasanya tidak perlu ditulis prov. Nama kota yang ditulis terakhir biasanya adalah nama provinsi.

Cara Mencari Kode Pos

Pihak kantor pos sendiri mempunyai buku khusus untuk kode pos ini. Begitu pentingnya lima digit angka ini sehingga kampanye penggunaannya terus dilakukan. Bahkan, terkadang ada buku saku kecil yang berisi kode pos yang ada di Indonesia. Kode pos merupakan pelengkap penting dalam penulisan alamat lengkap yang benar.

Selanjutnya : Menjadi Penulis Artikel
Sebelumnya: Haid Jumat Siang Artinya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...