Memahami Penulisan Gelar Doktor S3 dari Dalam Negeri dan Luar Negeri


Gelar doktor adalah gelar kesarjanaan tertinggi yang disematkan kepada seorang sarjana di perguruan tinggi. Penulisan gelar doktor S3 dibubuhkan di depan nama penyandang gelar setelah sarjana tersebut melalui proses penulisan disertasi. Selanjutnya, karya tulis dipertahankan di depan penguji dalam sebuah sidang.

Dikalangan masyarakat umum, penulisan gelar doktor terkadang menimbulkan keraguan dengan penulisan gelar dokter. Dari segi arti, gelar doktor maupun gelar dokter banyak yang sudah mengerti perbedaannya. Keduanya memang ditulis di depan nama penyandang gelar tetapi berbeda disisi penulisan singkatannya.

Cara penulisan singkatan gelar doktor yang benar ialah huruf ‘d’ ditulis kapital dan huruf ‘r’ ditulis huruf kecil sehingga menjadi “Dr”. Sedangkan penulisan singkatan gelar dokter yang benar ialah huruf ‘d’ ditulis kecil dan huruf ‘r’ ditulis kecil pula sehingga menjadi ‘dr’. Lalu bagaimana jika ada seorang dokter yang memperoleh gelar doktor?

Cara penulisan singkatan sesuai dengan standar yang ditetapkan dimana gelar doktor ditulis terlebih dahulu. Hal ini berlaku juga untuk gelar sarjana lainnya yaitu gelar insinyur. Contoh penulisannya ialah Dr. dr. Risa Milito atau Dr. Ir. Risa Milito.

Gelar Doktor dari Luar Negeri

Gelar doktor di luar negeri memiliki cara penulisan singkatan yang berbeda dengan di Indonesia. Cara penulisan gelar sarjana, master, dan doktor dari luar negeri ditulis dibelakang nama pemiliknya. Cara memahami penulisan gelar doktor dari luar negeri kurang lebih sama dengan penulisan gelar di Indonesia.

Analisis dilakukan kata per kata sebagaimana penulisan gelar sarjana dan master di dalam negeri. Sebagai contoh, gelar doctor of education, yang ditulis benar yaitu Ed.D. dimana huruf ‘E’ ditulis dengan huruf besar, tetapi huruf “d” ditulis dengan huruf kecil dan diakhiri tanda titik.

Penulisan huruf “d” dengan huruf kecil karena posisinya sebagai bagian dari rangkaian satu kata dengan huruf “E” yaitu singkatan dari kata education. Sedangkan huruf “D” ditulis dengan huruf kapital yang diakhiri tanda titik berarti singkatan dari kata doctor.

Penulisan gelar doktor S3 dari luar negeri memang sering dijumpai tersemat di nama orang Indonesia. Hal ini wajar saja mengingat banyak mahasiswa asal Indonesia yang memperoleh beasiswa pendidikan jenjang perguruan tinggi di negara Eropa maupun Amerika.

Demikianlah penjelasan mengenai penulisan gelar doktor s3 baik di dalam dan luar negeri. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Aturan Berlalu Lintas yang Baik Sesuai Rambu-rambu
Sebelumnya: Asiknya Berkreasi Membuat Contoh Hantaran Lamaran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar