Cara Penulisan Sarjana Ekonomi Dan Gelar


Cara Penulisan Sarjana Ekonomi dan Gelar

Penulisan sarjana ekonomi atau gelar harus sesuai dengan ketentuan bahasa Indonesia baku. Menulis singkatan sarjana tak boleh sembarangan, karena bisa menimbulkan persepsi keliru.

Misalnya  sarjana ekonomi singkatan yang benar adalah S.E. , ditulis memakai huruf kapital dan dipisah dengan dua titik pada masing-masih huruf.

Pengertian gelar

Yang dimaksud dengan gelar adalah nama  tambahan yang disematkan di depan atau belakang nama asli.  Gelar ini diperoleh dari hasil pendidikan di perguruan tinggi, monarki dan hasil dari menunaikan ibadah haji sebagaimana dilakukan oleh umat Islam atas perintah agama.

Cara penulisan gelar  akademisi

Penulisan sarjana ekonomi harus patuh terhadap ketentuan dari Balai Bahasa Indonesia yang telah menetapkan aturan baku.
Berikut ini adalah deretan penulisan singkatan dan kepanjangan dari gelar akademis menurut standar bahasa Indonesia baku :

•    Gelar sarjana

Gelar sarjana di Indonesia mengenal dua jenis yakni title versi zaman Belanda seperti :

Doktorandus disingkat  Drs ,  Doktoranda disingkat Dra,  sedangkan insinyur disingkat menjadi Ir. Ketiga gelar ini ditulis pada di depan nama.

Pada tahun1993 pemerintah mengeluarkan peraturan baru tentang berubahan penulisan gelar sarjana, dan gelar akademisi lainnya.
Perubahan lain adalah nama gelar sarjana pun bermacam-macam sesuai dengan jurusan yang diambil.

Misalnya  Sarjana Ekonomi disingkat S.E.  , Sarjana Hukum disingkat S.H. ,  Sarjana Teknik disingkat S.T.  dan seterusnya.

•    Gelar magister

Penulisan singkatan  gelar pada program studi magister  atau strata dua di Indonesia harus menggunakan huruf kapital semua dan harus ada tanda titik dibelakang huruf.

Ini menandakan sebuah singkatan.  Selain itu gelar diletakan pada belakang nama penyandang gelar. Misalnya Magister Manajemen di singkat M.M. , Magister Humaniora disingkat M.Hum, dan sebagainya.

•    Gelar Doktor

Penempatan singkatan gelar pada title S3 atau Doktor ditaruh di depan nama orang.  Contoh  DR. Doni, SH, M.M.

Penulisan gelar kebangsawan keratin

Selain singkatan nama gelar akademisi, di Indonesia juga mengenal singkatan nama-nama gelar dari keraton. Ada macam-macam singkatan gelar yang dibedakan sesuai dengan strata monarki.

Misalnya  yang disematkan pada Menteri Pemuda dan Olahraga, KRMT Roy Suryo Notodiprojo.  Kepanjangan dari KRMT adalah Kanjeng Raden Mas Tumenggung, gelar ini berasal dari Keraton Surakarta.

Demikianlah sekilas penulisan sarjana ekonomi dan cara penulisan singkatan gelar.

Selanjutnya : Pakaian Adat Papua Untuk Pernikahan
Sebelumnya: Inilah Pakaian Adat Indonesia dari 33 Provinsi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar