Perdebatan Cara Penulisan S,Sit dan Peluang Kerjanya

Bagaimana cara penulisan S,Sit yang benar? Sebelum mengetahui cara penulisannya, apa itu gelar s,sit. Gelar S,Sit merupakan Sarjana Sains Terapan. Sebenarnya, cara penulisan gelar yang benar bukan s,sit, melainkan S.SiT. Hal inilah yang menimbulkan kekeliruan dalam menuliskan gelar sarjana.

Pada umumnya, program sarjana untuk pendidikan akademik, penulisan sarjana diletakkan dibelakang nama. Belakang nama disertai dengan gelar sarjana yang diperoleh. Contohnya penulisan gelar Sarjana Sains Terapan, seperti Maulamna Ishaq, S.Sit.

Sebenarnya, sampai dengan saat ini penulisan gelar untuk Sarjana Sains Terapan masih menjadi perdebatan para ahli. Awalnya, gelar Sarjana Sains Terapan ditulis dengan S.ST. Akan tetapi, muncul cara penulisan lainnya untuk Sarjana Sains Terapan, yaitu S, SiT.
Bila dilihat dari singkatannya, S, SiT cukup masuk akal. Hal ini dikarenakan, S adalah lambang Sarjana, Si singkatan dari Sains, dan T kepanjangan Terapan.

Peluang Kerja Sarjana Sains Terapan

Di zaman yang serba modern ini, persaingan kerja di dunia industri juga semakin ketat. Perlu keahlian dan keterampilan khusus untuk bisa bertahan di dunia industri. Mungkin hal inilah yang mendorong berbagai universitas mulai membuka program Sarjana Sains Terapan.

Sebenarnya sudah sejak lama pendidikan vokasi hadir dalam pendidikan Indonesia. Dalam hal ini, Sekolah Menengah Kejuruan menjadi sekolah yang memegang peran sebagai vokasi tingkat atas. Namun, perkembangan zaman juga membuat perguruan tinggi tertarik untuk membuka program poendidikan vokasi ( lulusan Sarjana Terapan).

Baik melalui Sekolah Menengah Kejuruan maupun Perguruan Tinggi pada dasarnya sama. Tujuannya adalah untuk lebih menguasai pengetahuan tentang Sains Terapan. Pengetahuan tersebut akan bermanfaat untuk diaplikasikan dalam dunia kerja.

Saat ini, program pendidikan vokasi yang berada di puncak adalah SMK. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan, para siswa di SMK kini sudah berani untuk berinovasi dalam membuat berbagai produk berkualitas. Misalnya laptop dan mobil.

Keduanya sangat dibutuhkan di zaman modern ini. Jadi, secara tidak langsung, SMK bukan hanya memberikan bekal materi dan praktek, melainkan juga ilmu pemasaran.

Demikianlah artikel seputar penulisan gelar S,SiT. Semoga informasi yang disajikan menambah wawasan dan pengetahuan para pembaca.

Loading...
Selanjutnya : Mengenal Puisi Museum Dirgantara
Sebelumnya: Mesin Suzuki Escudo 16 Irit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar