Panduan Menulis Titel S.Pd.I yang Benar


Penulisan titel Spdi yang benar adalah S.Pd.I atau merupakan singkatan dari sarjana pendidikan Islam. Di dalam aturan kebahasaan, penulisan-penulisan tentang gelar termasuk dalam kategori pemahaman tentang singkatan. Apa yang dimaksud singkatan? Singkatan merupakan sebuah kependekkan huruf atau gabungan huruf yang dapat dilafalkan per huruf atau secara lengkap.

Panduan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)

Di dalam buku panduan ejaan yang disempurnakan (EYD) sebenarnya penulisan gelar telah diatur di dalamnya dengan disertai contoh yang tepat. Namun, masyarakat awam yang jarang bersinggungan dengan EYD masih banyak yang menuliskan singkatan gelar dengan cara-cara yang salah.

Singkatan-singkatan gelar pada EYD yang benar jarang sekali diperhatikan, untuk itu mari kita mulai membahasnya. Jika ditelisik per kata, maka cara penulisan gelar sebenarnya dapat dilihat dan dinalar. Misalnya penulisan gelar sarjana pendidikan Islam yang ditulis secara benar sebagai (S.Pd.I).

Cara Penulisan Gelar Sarjana

Penulisan gelar sarjana diletakkan setelah huruf terakhir nama penyandang gelar. Huruf S pada singkatan tersebut adalah singkatan dari kata Sarjana, ditulis menggunakan huruf besar.     Setelah menyematkan huruf S, selanjutnya adalah memberikan tanda titik (.) sebagai bentuk pemisahan antar huruf.

Huruf P ditulis huruf besar, dan huruf d ditulis huruf kecil karena posisi huruf masih satu rangkaian dengan huruf P. Huruf P dan d mempunyai arti pendidikan. Kemudian sebelum menuliskan huruf I diberikan tanda titik (.) terlebih dahulu. Huruf I dalam singkatan tersebut berarti Islam.

Selain penulisan titel Spdi yang benar tersebut ada juga singkatan gelar lain yang juga mengalami proses bahasa yang sama. Hal ini berbeda dengan cara menuliskan gelar untuk sarjana hukum, sarjana ekonomi, atau sarjana pertanian. Jika disingkat maka tidak akan ada huruf peluncur yang menyertainya, hanya saja tetap dipisahkan dengan tanda titik (.). Sarjana hukum akan ditulis (S.H) sarjana ekonomi akan ditulis (S.E) dan sarjana pertanian akan ditulis (S.P).

Penulisan-penulisan gelar lainnya yang sejenis harus seesuai dengan penulisan gelar (S.Pd.I) tersebut dan jika terdiri dari dua huruf atau lebih tanpa disertai peluncur ditulis sesuai tiga contoh penulisan di atas. Contoh penulisan gelar yang benar lainnya adalah sebagai berikut ini sarjana agama (S.Ag.), sarjana sains (S.Si.), sarjana psikologi (S.Psi.), sarjana humaniora(S.Hum), sarjana komputer (S.Kom.), sarjana peternakan (S.Pt.), sarjana akuntansi (S.Akt.).

Semoga informasi mengenai penulisan titel Spdi yang benar tersebut dapat menambah wawasan keilmuan Anda dalam penulisan-penulisan gelar.

Selanjutnya : Tokoh Pendidikan di Iran
Sebelumnya: Perjanjian Internasional Menurut Salah Satu Ahli dan Aspek Lainnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar