Kenali Penyakit dengan Gejala Sariawan

Jangan remehkan penyakit dengan gejala sariawan. Sariawan memang sejenis penyakit yang seringkali kita alami. Bila terkena sariawan rasanya sangat tersiksa karena kita menjadi kebal rasa  dan makan pun tidak enak. Sariawan ini ternyata juga bisa menjadi penyebab penyakit kanker rongga mulut.

Mungkin orang akan berpikir jika kanker rongga mulut itu terjadi karena penyebab penyakit kanker seperti terkena polusi, terpapar sinar ultraviolet secara langsung atau menurunnya sistem kekebalan tubuh terhadap polutan antioksidan. Padahal sariawan pun juga bisa menjadi penyebab timbulnya kanker rongga mulut.

Jangan sepelekan sariawan, karena bukan karena kekurangan vitamin C saja, tetapi karena itu bisa jadi gejala awal dari kanker rongga mulut. Bila menderita sariawan segera periksakan dan obati.

Sariawan yang tidak kunjung sembuh bisa jadi itu gejala kanker rongga mulut. Orang yang terkena kanker rongga mulut tidak menyadari akan penyakit ganas ini karena memang tidak merasakan nyeri.

Sariawan sebagai penyebab kanker mulut ini memiliki ciri dibagian tepinya keras bila kita raba, dari bentuknya lebih tinggi dari sariawan biasa, tetapi bagian dasarnya berbintil dan mudah mengelupas serta mudah sekali berdarah. Ada beberapa tanda yang bisa dilihat apakah seseorang itu terkena kanker ronggo mulut atau tidak.

Tanda pertama adalah adanya lesi pre-kanker atau kondisi jaringan abnormal dalam tubuh. Tanda ini ditunjukkan dengan muncul bercak putih dalam rongga mulut.

Selain itu tanda lainnya yang ditunjukkan adalah bercak mearah dalam rongga mulut serta adanya luka yang bergaung atau yang lebih dikenal dengan sariawan.

Lalu selain dari sariawan apakah ada penyebab lain yang menjadi penyebab dari kanker rongga mulut ini? Selain sariawan penyebab kanker ini ada dua faktor, yaitu faktor dalam dan faktor luar atau pasien sendiri.

Dari faktor dalam kanker rongga mulut ini bisa terjadi karena kurang memperhatikan kebersihan mulut. Kebersihan seperti menyikat gigi yang tidak teratur serta tidak melakukan perawatan gigi berlubang bisa menjadi pemicunya.

Penyebab kanker rongga mulut dari luar adalah konsumsi alkohol dan kebiasaan merokok. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Spanyol pada tahun 2004, menyatakan bahwa mereka yang merokok dan meminum alkohol berisiko 50 kali lipat lebih besar mengidap kanker mulut.

Mengapa merokok dan meminum alkohol bisa memicu kanker rongga mulut? Itu karena dalam tembakau mangandung setidaknya 50 zat karsinogenik.

Zat karsinogenik ini merupakan zat yang menyebabkan kanker karena bisa merusak sistem metabolisme sel dalam tubuh kita. Sementara alkohol bisa meningkatan paparan mukosa dari zat karsinogenik dalam tembakau tadi.

Berdasarkan ulasan singkat di atas, jangan sepelekan sariawan. Ada baiknya jika mengalami sariawan Anda periksakan ke dokter gigi, supaya tidak bertambah parah dan menyebabkan kanker rongga mulut.

Demikianlah ulasan singkat mengenai penyakit dengan gejala sariawan kali ini. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Resep Masakan Sederhana Saja Tentang Pembuatan Tempe Penyet Ekstra Pedas
Sebelumnya: Cara Mencari Harga Tiket Pesawat Murah Secara On Line
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar